Loading...
INDONESIA
Penulis: Wiwin Wirwidya Hendra 13:51 WIB | Selasa, 09 April 2013

Contra Flow Cawang-Rawamangun Batal

Contra Flow Cawang-Rawamangun Batal
Contra flow Cawang-Rawamangun tidak seberhasil contra flow Semanggi-Grogol (Foto: Yan Chrisna)
Contra Flow Cawang-Rawamangun Batal
Contra flow Grogol ke Semanggi

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sementara contra flow ruas tol Grogol – Semanggi berhasil, uji coba contra flow ruas tol Cawang-Rawamangun yang sudah dilakukan dua kali berujung pada pembatalan.

Uji coba yang dilakukan pihak kepolisian, PT Jasa Marga, dan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) ternyata gagal karena kemacetan tidak juga terurai.

Seperti dikutip dari Antara, Manager Pelayanan dan Pemeliharaan PT CMNP, Bagus Medi Suarso, mengatakan bahwa uji coba hari ke-2 kemarin, Senin (8/4) tidak memuaskan dan tidak lebih baik dibandingkan uji coba hari pertama.

“Akhirnya kami memutuskan untuk tidak melanjutkan pemberlakuan contra flow di ruas Cawang-Rawamangun,” tegasnya.

Menurut Bagus, seharusnya pemberlakuan contra flow ruas Cawang-Rawamangun dimulai sejak pukul 06.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Namun akibat adanya hambatan yang menimbulkan kemacetan akhirnya pada uji coba hari kedua diakhiri pukul 08.10 WIB kemarin.

Lebih parahnya, akibat contra flow, terjadi kecelakaan mobil Avanza yang juga mengakibatkan kemacetan pada ruas Cawang-Cibubur. Jika sebelum diberlakukan contra flow Cawang-Rawamangun kemacetan mengurai hingga KM 15, maka kemarin kemacetan mencapai hingga KM 17.

Pemberlakuan contra flow di jalur Cawang-Rawamangun memang sulit dilakukan. Pasalnya, lajur di jalan tol ini lebih sempit serta tidak memiliki bahu jalan seperti ruas Cawang-Tomang.
Akibatnya, jika sedikit saja terjadi gangguan maka kemacetan parah tidak terhindarkan.

Ditambah, pengguna ruas tol ini kebanyakan juga adalah truk-turk besar serta container.

Bagus kembali menambahkan, pihaknya telah berupaya mendukung keberhasilan pemberlakuan contra flow tersebut. Sayangnya melihat kondisi di lapangan, akhirnya pihak kepolisian, Jasa Marga, dan CMNP memutuskan untuk tidak melanjutkan uji coba tersebut.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home