Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:20 WIB | Selasa, 14 Januari 2014

Cristiano Ronaldo Menangi FIFA Ballon d Or

Ronaldo mengnangkat trofi Ballon d\\\\\\\'Or (kiri) iddampingi Sepp Blatter dari FIFA (kanan) (foto dari fifa.com)

ZURICH, SATUHARAPAN.COM – Gelandang tim nasional Portugal dan Real Madrid, Cristiano Ronaldo memenangi gelar Pemain Terbaik Dunia 2013, FIFA Ballon d’Or, pada Senin (13/1) waktu setempat). Bertempat di Kongresshauss, Zurich.

Pada kesempatan kali ini Ronaldo mengalahkan pemenang empat kali Ballon d’Or sebelumnya, Lionel Messi, dan salah satu pesaing baru, Franck Ribery, gelandang tim nasional Prancis dan Bayern Munchen (Jerman).

Ronaldo mencetak 69 gol untuk Real Madrid dan Portugal tahun lalu, dan hattrick menakjubkan melawan Swedia dalam menentukan playoff Piala Dunia. Ini mungkin kinerja individu yang menentukan.

“Tidak ada kata untuk menggambarkan saat ini,” kata Ronaldo, yang terisak-isak menangis setelah ia menerima trofi dengan putranya, juga bernama Cristiano, di sampingnya di atas panggung.

Ronaldo pernah meraih trofi ini pada 2008 silam, tatkala dia masih berbaju Manchester United. Dalam kesempatan ini tidak hanya diberikan penghargaan FIFA Ballon d'Or, tetapi juga ada beberapa kategori lainnya pada penghargaan pemain terbaik wanita, Ballon d’Or wanita jatuh kepada Nadine Angerer (kiper tim nasional wanita Jerman).

Ronaldo mengatakan sebelumnya Senin (13/11) bahwa ia membuat perdamaian dengan Presiden FIFA Sepp Blatter, yang menyatakan preferensi pribadi Oktober lalu untuk Messi memicu spekulasi bahwa pemenang akan menolak datang ke upacara penyerahan hadiah.

“Kami berbicara melalui telepon dan semuanya dibersihkan,” kata Ronaldo dalam sebuah konferensi pers sebelum upacara. “Ini tidak lagi menjadi masalah, baik bagi kami maupun untuk sepak bola.”

Sedangkan untuk pelatih terbaik adalah Jupp Heynckess, yang pernah menangani Bayern Munchen saat memenangi Liga Champions 2013-2014, dan pelatih terbaik wanita jatuh kepada Silvia Neid.

Ibrahimovic memenangkan Puskas Award untuk gol terbaik yaitu gol salto yang disarangkannya ke gawang tim nasional Inggris.

Sementara itu tim FIFA XI adalah:

Manuel Neuer (Bayern Muenchen)

Dani Alves (Barcelona)

Thiago Silva (PSG)

Sergio Ramos (Real Madrid)

Philipp Lahm (Bayern Muenchen)

Andres Iniesta (Barcelona)

Franck Ribery (Bayern Muenchen)

Xavi (Barcelona)

Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Zlatan Ibrahimovic (PSG)

Lionel Messi (Barcelona) (fifa.com/alarabiya.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home