Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:33 WIB | Sabtu, 22 Maret 2014

Dapil Kepri: Demokrat 100 Persen Perempuan

Dapil Kepri yang meliputi Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Lingga, dan Natuna. (Foto: kpu.go.id)

KEPULAUAN RIAU, SATUHARAPAN.COM – Partai Demokrat akan menempatkan 100 persen calon anggota legislatif perempuan dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Daerah Pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau (Kepri) Pemilu 2014. Langkah ini diambil partai yang berhasil merebut satu kursi Dapil Kepri Pemilu 2009 ini dengan menempatkan Aidi Zulaika Nasution Ismeth, Nany Sulistyani, dan Ai Suryani.

Aida Zulaikha Nasution Ismeth merupakan sosok yang dalam dua edisi pemilu sebelumnya berhasil melaju ke Senayan sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI). Pada edisi 2014 ini, ia menjadi caleg di Partai Demokrat dengan nomor urut satu.

Sementara itu, Nany Sulistyani adalah peraih satu kursi Demokrat pada Pemilu 2009. Kini, ia kembali mencatumkan namanya dalam surat suara caleg DPR-RI Dapil Kepri (Petahana). Sedangkan penghuni nomor urut tiga DCT Demokrat Dapil Kepri Pemilu 2014, Ai Suryani, merupakan warga Bekasi yang mencoba mencalonkan sebagai wakil rakyat Kepulauan Riau.

100 Persen Petahana

DCT Dapil Kepri Pemilu 2014 dihiasi oleh mereka para petahana atau Anggota Legislatif Terpilih Pemilu 2009, yang kembali turun untuk dipilih sebagai wakil rakyat Kepri. Mereka adalah Herlini Amran (PKS), Harry Azhar Azis (Golkar), dan Nany Sulistyani (Demokrat).

Namun, langkah mereka mempertahankan kursi tidak akan mudah, karena Dapil Kepri menghadirkan nama yang sempat menghilang pada Pemilu 2009, Asman Abrur. Diusung oleh partai pimpinan Hatta Rajasa, PAN, Asman Abrur kembali menghiasi DCT Dapil Kepri Pemilu 2014.

Pada Pemilu 2009, Asman Abrur berhasil melenggang ke Senayan usai memenangkan kursi bagi PAN Dapil Riau I. Kini, kembali ke Dapil Kepri, Asman bertanggung jawab untuk memenangkan kursi bagi PAN.

Patut Diperhitungkan

Dapil Kepri menghadirkan nama lain yang patut diperhitungkan saat  saat pemungutan suara dilaksanakan, 9 April mendatang. Mereka adalah Nyat Kadir dan Dwi Ria Latifa.

Nyat Kadir adalah Wali Kota Batam periode 2001-2006, yang kini maju sebagai Caleg Partai Nasdem. Sedangkan, Dwi Ria Latifa merupakan salah satu pengusung Rancangan Undang-Undang (RUU) Kepulauan Riau saat menjadi Anggota DPR-RI (1999-2004), kini melalui PDIP ia berharap kembali terpilih menuju Senayan.

Nama artis juga menghiasi Dapil Kepri. Satu-satunya artis yang ada diusung oleh Partai Gerindra. Helmalia Jelita Putri, pemeran film layar lebar In The Name Of Love (2008) dan Semesta Mendukung (2011) ini, berada di nomor urut teratas DCT Gerindra.

Memperebutkan 1.282.267 Suara

Terdapat 36 caleg yang akan berebut kursi dari Dapil Kepri yang meliputi Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Lingga, dan Natuna. Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari dapil ini sebanyak 1.282.267 orang.

Menurut penelusuran satuharapan.com pada Sabtu (22/3), setiap caleg Dapil Kepri membutuhkan kira-kira 427.422 suara, yang nilai tepatnya ditetapkan setelah semua suara sah sudah diketahui, untuk melangkah ke Senayan sebagai wakil rakyat Kepri. Namun, mereka harus memastikan, partai pengusung mereka lolos dalam parliamentary threshold, sebesar 3,5 persen. Jika tidak, raihan suara mereka akan sia-sia.

Daftar Caleg Dapil Kepri Pemilu 2014

Partai Nasdem: Nyat Kadir, Horjani Dewati Hutagalung, Alias Wello,

Partai Kebangkitan Bangsa: S Muhammad, Moh Abduh, Zaimah Imamatul Baroroh

Partai Keadilan Sejahtera: Herlini Amran, Muhammad Sadar, Aris Hardy Halim

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan: Dwi Ria Latifa, Bismarck Panjaitan, Lodewick Gultom

Partai Golongan Karya: Harry Azhar Azis, Sudirman Almun, Ellena F Manambe

Partai Gerakan Indonesia Raya: Helmalia Jelita Putri, Endang Abdullah, Jamer Siden Purba

Partai Demokrat: Aidi Zulaika Nasution Ismeth, Nany Sulistyani, Ai Suryani

Partai Amanat Nasional: Asman Asnur, Siti Sarwindah, Zufri Taufiq

Partai Persatuan Pembangunan: Dayat Hidayat, Isnariah Coty, Hasnidar Hasnan

Partai Hati Nurani Rakyat: Andi Kusuma, Edeng Rachmat, E Asmarani

Partai Bulan Bintang: Adlan Adonis, Nurbaiti Usman Siam, Muhammad Zulliansyah

Partai Keadilan Dan Persatuan Indonesia: Eddy Novian, Arta Breda, Marudut Sinaga (kpu.go.id/wikipedia)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home