Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 19:51 WIB | Selasa, 06 September 2016

Dendy Kurniawan Diangkat Jadi CEO AirAsia Indonesia

Dendy Kurniawan (Foto: bisnis.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - AirAsia menunjuk Dendy Kurniawan sebagai AirAsia Group Chief Executive Officer untuk operasional di Indonesia dan segera berlaku efektif.

Komisaris Utama AirAsia Indonesia Pin Harris dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan Dendy akan bertugas untuk mengawal pertumbuhan dan perkembangan AirAsia Indonesia dan Indonesia AirAsia X.

"Penunjukkannya dilaksanakan sejalan dengan rencana AirAsia untuk melakukan ekspansi lebih lanjut di Indonesia," katanya.

Selain ditunjuk sebagai Group CEO untuk Indonesia, Dendy juga akan menjabat sebagai Presiden Direktur AirAsia Indonesia, menggantikan Captain Ridzeki Tresno Wibowo yang menjabat sebagai pelaksana tugas Presiden Direktur sejak Juni 2016.

"Kami sangat senang menyambut Dendy dalam peran barunya, saat kami mulai memasuki fase pertumbuhan menarik yang berikutnya. Kualifikasi kepemimpinan yang dimiliki Dendy, ditambah dengan pengalamannya di bidang manajemen akan sangat berperan dalam mewujudkan rencana strategis kami ke depan," kata Pin.

Group CEO AirAsia Tony Fernandes mengatakan sebagai pasar terbesar ASEAN, Indonesia memiliki begitu banyak hal yang dapat ditawarkan dalam bidang pariwisata.

Fernandes menambahkan hal itu merupakan upaya perusahaan untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Indonesia dan berkontribusi pada ekonomi lokal melalui pariwisata dan konektivitas udara yang terjangkau.

"Kami berpikir tidak ada orang lain yang lebih tepat selain Dendy, seorang pemimpin yang visioner dan penuh semangat, untuk mendorong perusahaan terus maju ke depan, sejalan dengan upaya kami memperkuat posisi di Indonesia," katanya.

Fernande mengucapkan terima kasih kepada Captain Ridzeki atas sumbangsihnya sebagai pelaksana tugas Presiden Direktur AirAsia Indonesia.

"Kami mendoakan kesuksesan untuknya saat kembali menjadi seorang pilot AirAsia, demi mengejar passion dalam hidupnya untuk terbang," katanya.

Sementara itu, CEO AirAsia Group di Indonesia Dendy Kurniawan merasa terhormat mendapat kepercayaan untuk menjabat posisi baru tersebut.

"Kisah AirAsia di Indonesia sangatlah luar biasa. Kami telah melalui periode paling menantang dalam sejarah AirAsia, namun kini kami kembali dengan lebih kuat dari sebelumnya. Bersama-sama dengan tim, saya berkomitmen untuk senantiasa memberikan kepuasan kepada pelanggan kami di Indonesia dengan produk dan layanan yang luar biasa," katanya.

Dendy pertama kali bergabung dengan AirAsia pada Mei 2014 sebagai Chief Financial Officer untuk Indonesia AirAsia X.

Pada 1 Desember 2014, Kurniawan dipromosikan menjadi Presiden Direktur¿posisi yang diembannya hingga penunjukannya kali ini sebagai Group CEO AirAsia di Indonesia.

Captain Sulistyo Nugroho Hanung telah ditunjuk untuk menggantikan posisinya di Indonesia AirAsia X sebagai pelaksana tugas Presiden Direktur, sambil terus menjalani perannya sebagai Direktur Operasional Penerbangan.

Penerima beasiswa J. William Fulbright, Dendy meraih gelar master di bidang International and Development Economics dari Universitas Yale, Amerika Serikat.

Ia meraih gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung, Indonesia.

Mengomentari penunjukkan Captain Sulistyo Nugroho Hanung, Dendy mengatakan Captain Hanung telah mendemonstrasikan profesionalitas dan komitmen sejak bergabung dengan AirAsia lebih dari 10 tahun yang lalu.

"Saya sangat senang menyambut Captain Hanung untuk memimpin dan mendorong Indonesia AirAsia X ke tingkat kinerja yang lebih baik," katanya.

Captain Sulistyo Nugroho Hanung memulai karirnya sebagai penerbang di tahun 1994.

Ia bergabung dengan AirAsia pada Maret 2005 sebagai Captain dan kemudian ditunjuk sebagai Chief Pilot untuk Indonesia AirAsia X pada April 2016 sebelum akhirnya dipromosikan menjadi Direktur Operasional Penerbangan pada Juni 2016.(Ant)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home