Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:08 WIB | Rabu, 03 Juni 2015

Dengan GO-Asean, Negara Asia Tenggara Promosikan Tujuan Wisata

PM Najib Tun Razak (kaus biru) ketika memberi semangat saat tim sepak bola Malaysia di sebuah pertandingan Intenrasional. (Foto: themalayonline.com).

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM – Setiap negara di kawasan Asia Tenggara (Asean) harus mempromosikan daerah sebagai tujuan wisata tunggal.

“Akan ada banyak manfaat menampilkan semua wilayah yang selama ini di Asean belum dianggap sebagai kawasan pariwisata,” kata Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak pada peluncuran sebuah stasiun televisi berbayar 24 jam, GOASEAN, saluran televisi yang berfokus pada perkembangan pariwisata per wilayah. Seperti tertuang thestar.com.my, Rabu (3/6).

Najib menginginkan adanya upaya kolektif untuk menampilkan ASEAN sebagai salah satu tujuan pariwisata rekreasi dan bisnis sehingga akan tercipta integrasi dan manfaat ekonomi di kawasan ini.

Potensi knock-on effect yang substansial, terutama ketika kita menganggap bahwa investasi langsung asing di Asean telah melampaui bahkan China dalam beberapa tahun terakhir," kata Perdana Menteri

Saluran ini disiarkan di jaringan satelit Astro, menyoroti atraksi seperti belanja, olahraga, musik, festival dan makanan di masing-masing negara anggota organisasi internasional Negara-negaara kawasan Asia Tenggara ASEAN.

Program yang ditawarkan di kanal televisi ini menampilkan berbagai situs Warisan Dunia yang termasuk dalam Unesco, termasuk menyajikan hal-hal yang ringan seperti tempat tujuan minum kopi, serta pemandangan atas dan kegiatan di kota-kota besar.  

Diproduksi dengan bantuan anggota Asean, GOASEAN adalah gagasan dari Najib, yang menggambarkannya sebagai jendela ke negara-negara di wilayah ini.

GOASEAN adalah contoh yang baik dari semua yang dapat dicapai ketika anggota ASEAN bekerja sama,” kata dia.

Perdana Menteri menambahkan bahwa pengaturan saluran adalah bagian dari upaya dari Malaysia untuk mempromosikan ASEAN. 

Najib mengemukakan  menampilkan wilayah sebagai tujuan tunggal bisa mendorong lebih banyak orang di Asean untuk melakukan perjalanan ke negara-negara masing-masing.

“Inisiatif ini bukan hanya tentang pariwisata dan perjalanan tetapi juga visi mewujudkan dari Asean yang berpusat pada rakyat, sesuatu yang saya percaya adalah penting untuk kemajuan bersama,” kata dia.

“Kalau kita berbicara tentang kawasan Asia Tenggara maka kanal ini adalah perwujudan yang nyata dari persahabatan sepuluh negara anggota,” Najib mengakhiri (thestar.com.my).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home