Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:13 WIB | Senin, 10 Agustus 2015

Depo Bahan Pokok, Pangkas Rantai Distribusi

Peresmian Depo Bapok Kita di Pasar Kramat Jati Jakarta Timur, Senin (10/8). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perdagangan Rachmat Gobel telah resmi membuka depo bahan pokok di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Dengan diresmikannya depo tersebut menjadi salah satu jalan pemerintah memangkas rantai distribusi untuk menstabilkan harga barang kebutuhan pokok dan memberantas peran bandar barang kebutuhan pokok di pasar induk yang dinilai sangat dominan dalam menentukan harga.

“Pembentukan Depo Bapok Kita bertujuan memangkas rantai distribusi komoditas yang terlalu panjang sehingga berdampak pada tingginya harga di tingkat konsumen,” kata Rachmat saat membuka peresmian Depo Bapok Kita di Pasar Kramat Jati, Jalan Raya Bogor km 17 Jakarta Timur, Senin (10/8).

Pembentukan Depo Bapok Kita didasarkan pada nota kesepahaman antara Perusahaan Umum (Perum) Bulog dengan PD. Pasar Jaya, Pusat Koperasi Pedagang Pasar DKI Jaya, Bank BRI dan Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Dana Bergulir (BLU-LPDB) yang selanjutnya disebut PIHAK KITA.

Mekanisme depo ini yaitu Bulog akan menjadi pemasok utama yang menyediakan barang kebutuhan pokok langsung dari petani atau importir dengan perjanjian tertentu yang nantinya akan diperjualbelikan di kios yang telah disediakan di pasar setempat kepada pedagang.

Menurut Rachmat, depo ini akan membantu para pedagang mendapat akses sumber pasokan barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau karena lemahnya akses pembiayaan para pedagang di pasar rakyat.

“Upaya ini juga untuk memfasilitasi pedagang pasar rakyat agar mendapatkan akses pembiayaan dengan mekanisme lebih sederhana, mudah, cepat dan dengan bunga yang lebih ringan,” kata dia.

Selanjutnya, akses pembiyaan pedagang pasar akan diatur secara bilateral antara Koperasi Pasar/Lembaga Keuangan Bank-Lembaga Keuangan Non-Bank (KOPPAS/LKB-LKNB) dan pedagang itu sendiri.

Depo Bapok Kita yang sudah diresmikan di Pasar Kramat Jati ini merupakan proyek pertama dan rencananya akan ada 10 Depo Bapok Kita di wilayah Jakarta hingga akhir tahun 2015.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home