Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 13:59 WIB | Jumat, 18 Oktober 2013

Desainer Indonesia Menjajal Paris Fashion Week

Sari Seputra dan Ari Seputra dari Major Minor (kiri), Toton (kanan), dan Yosafat (dua dari kanan), desainer-desainer Indonesia yang mendapat kesempatan menjajal Paris Fashion Week. (Foto: Dok Jakarta Fashion Week)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Jakarta Fashion Week (JFW), sebagai ajang pekan mode utama di Indonesia, secara perlahan tetapi pasti, membawa mode Indonesia ke dunia. Tahun ini, seperti bisa dibaca di situs resmi Jakarta Fashion Week, empat desainer atau label yang dibina melalui program Indonesia Fashion Forward melangkah ke tahap berikutnya, yaitu dikirim berpartisipasi dalam Paris Fashion Week pada September lalu.

Keempat desainer itu, seperti dikemukakan Ketua Umum JFW 2014 Svida Alisjahbana, adalah Toton, Yosafat, label Major Minor, dan Tex Saverio. Toton, Yosafat, dan label Major Minor yang digawangi empat desainer Ari Seputra, Sari Seputra, Ambar Pratiwi, dan Inneke Margarethe, menampilkan koleksi di hadapan buyers dari berbagai negara di acara Trace SS14 Paris Showrooms di Paris, dan Tex Saverio yang tampil di panggung peragaan busana Paris Fashion Week.

Desainer Ari Seputra, dihubungi pada Jumat (18/10), menceritakan hasil Paris cukup menggembirakan. Ia dan timnya kini sedang menjalani proses negosiasi dengan buyer.  “Biasanya proses order memakan waktu sekitar dua minggu sampai satu bulan. Doakan,” kata Ari, optimistis. Label Major Minor, sebelumnya, sudah berhasil memasuki pasar Asia. Melalui program Buyer’s Room dalam JFW 2013 pada penggal akhir November 2012, Major Minor berhasil mendapatkan buyer Harvey Nichols,  pusat perbelanjaan bergengsi Inggris. 

Melalui acara Trace SS14 Paris Showrooms di Paris itu, Major Minor hadir mengusung tema “Traveling” yang mengangkat kain ikat Indonesia. Toton menampilkan koleksi yang terinspirasi dari laut Indonesia, sedangkan Yosafat memilih perhiasan di Museum Nasional sebagi inspirasi untuk rancangannya. Semua desainer menampilkan koleksi mode Spring Summer 2014.

Dukungan berbagai pihak memungkinkan keempat desainer itu, seperti disampaikan Svida Alisjahbana, melangkah ke Paris Fashion Week. Bank Mandiri merupakan salah satu partner Jakarta Fashion Week yang memiliki visi dan kepercayaan yang sama untuk memajukan industri mode di Indonesia. Pada penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2014, 19 – 26 Oktober di Senayan City, digelar juga kegiatan Pasar Indonesia, sebagai upaya menunjukkan produk terbaik dalam negeri, khususnya yang bergerak di industri mode dan kreatif.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home