Loading...
MEDIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:34 WIB | Kamis, 19 Maret 2015

Dewan Pers Ajak Pengguna Medsos Lebih Serius

Ilustrasi (Foto: gettyimages.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Dewan Pers, mengajak pengguna media sosial lebih serius dalam memanfaatkan informasi darin berbagai media, khususnya untuk meningkatkan daya saing individu.

"Orang di Indonesia ini lebih banyak bercanda dalam memanfaatkan media sosial, alih-alih menggunakan informasi dari media sosial untuk meningkatkan daya saing," kata Anggota Dewan Pers Ninok Leksono dalam diskusi bertajuk "Sosial Media untuk Kepentingan Publik dan Peran Jurnalisme" di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu (18/3).

Ninok berpendapat , kurang seriusnya pengguna media sosial (medsos) mengakibatkan mereka teralihkan oleh hal-hal yang tidak penting, dan menghabiskan banyak waktu untuk mengakses hal-hal tidak penting tersebut.

Sebagian besar pengguna media sosial di Indonesia, kata dia, hanya menggunakan media sosial untuk mengetahui informasi yang dangkal, dan tidak tergerak memanfaatkan media sosial untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap.

Hal itu, berbahaya bagi kapasitas mental generasi pengguna media sosial,  karena mereka tidak terbiasa melakukan pemikiran yang mendalam.

Ia menekankan media sosial seharusnya menjadi pemberi informasi dan pencerah masyarakat, bukan sebaliknya, untuk mengembalikan fungsi ini dibutuhkan pengguna yang menggunakan media sosial di jalan yang tepat.

"Media sosial harus mencerahkan masyarakat, untuk itu penggunanya juga harus memanfaatkan teknologi di jalan yang benar," kata dia.

Ia mencontohkan, banyak meme atau gambar satir terkait isu atau tokoh tertentu buatan pengguna medsos yang sebenarnya kurang penting, dan sebaiknya dialihkan ke penggunaan yang lebih bermanfaat.

Perubahan penggunaan media ke jalan yang baik  harus segera dilakukan pengguna media sosial, demi mengurangi kerugian berjangka panjang.

Berdasarkan data PT Merah Cipta Media yang membawahi sejumlah perusahaan konsultan komunikasi, startup incubator dan berbagai perusahaan teknologi "online" di Indonesia, pengguna media sosial Indonesia adalah yang paling "berisik" di dunia, meskipun pengguna internet di Indonesia hanya 72 juta.

Menurut data tersebut, masyarakat Indonesia sangat aktif bermedia sosial, terbukti sebanyak 93 persen dari pengguna internet aktif mengakses Facebook. Bahkan Ibu Kota tercatat sebagai pengguna Twitter terbanyak di dunia. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home