Loading...
MEDIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 06:42 WIB | Jumat, 20 Maret 2015

Majalah Pria Esquire Luncurkan Dua Buku Kumpulan Cerpen

Editor in Chief Esquire Indonesia Dwi Sutarjantono (kiri) dalam konferensi pers yang digelar di Dream Plaza Indonesia Jakarta Pusat, Kamis (19/3). (Foto: Dok satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Salah satu majalah pria terbitan MRA Printed Media Esquire Indonesia meluncurkan dua buku kumpulan cerita pendek (cerpen) terbaru berjudul Semua Orang Pandai Mencuri dan Pesan untuk Kekasih Tercinta.

Esquire yang pertama kali diterbitkan pada 1933 di Amerika Serikat sangat lekat dengan sastra dan beberapa penulis hebat seperti peraih Nobel Sastra Ernest Hemingway dan penulis cerpen The Curious Case of Benjamin Button F Scott Fitzgerald.

Tradisi Esquire dan sastra terus berlanjut dan menjadi ciri khas majalah pria baik di Amerika maupun di Indonesia. Edisi khusus cerpen dimunculkan dan menjadi salah satu yang ditunggu penggemar hingga membuat lomba cerpen dengan hadiah uang tunai serta workshop penulisan cerpen.

“Saat membuat rubrikasi untuk majalah Esquire Indonesia pada 2007, ikatan dan kedekatan majalah gaya hidup pria ini dengan sastra ini tak bisa dibuang begitu saja,” kata Editor in Chief Esquire Indonesia Dwi Sutarjantono dalam konferensi pers yang digelar di Dream Plaza Indonesia Jakarta Pusat, Kamis (19/3).

Menurutnya, selama ini bacaan pria dewasa identik dengan otomotif, fashion, angka-angka, dan investasi. Oleh karena itu, Esquire tampil berbeda dengan karya sastranya seperti cerpen untuk menjadi pelengkap bacaan para pria dewasa.

“Begitu majalah perdana Esquire Indonesia dengan cover George Clooney dihadirkan, rubrik cerpen ternyata rubrik yang disukai. Beberapa penulis mulai mengirimkan cerpennya. Bahkan ada yang mengirim email bilang bahwa jika tidak ada lagi cerpen di Esquire mereka tidak mau lagi membeli majalah tersebut.”

Dia mengatakan, saat ini dalam satu hari redaksi rata-rata menerima tiga hingga lima cerpen. Ini yang membuat Esquire Indonesia semakin selektif dalam memilih cerpen tersebut. Dia berharap dengan diterbitkannya dua buku kumpulan cerpen tersebut dapat memacu para penulis cerpen dapat berkarya.

Esquire merupakan alternatif selain koran untuk menampung cerita-cerita kreatif dan berkualitas,” kata dia.

Beberapa penulis yang karyanya dicetak dalam kedua buku tersebut adalah Agus Noor, Alex R Nainggolan, Anton Kurnia, Arman AZ, Djenar Maesa Ayu, dan beberapa penulis lainnya.

Cetakan pertama kedua buku tersebut masing-masing berjumlah 4000 eksemplar yang diterbitkan oleh PT Gramedia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home