Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:07 WIB | Senin, 14 Desember 2015

Di Inggris, Maulid Nabi dan Natal akan Dirayakan Bersama

Pertemuan para rohaniwan Kristen dan Islam di Rochdale, Inggris. (Foto: Rochdale Online)

MANCHESTER, SATUHARAPAN.COM – Saat umat Kristen mempersiapkan diri untuk merayakan hari kelahiran Yesus, tahun ini, pada saat yang sama, umat Islam akan merayakan ulang tahun Nabi Muhammad dalam perayaan yang dikenal dengan nama Maulid Nabi.

Seperti diberitakan oleh Rochdale Online, Sabtu (12/12) rencananya pada malam Natal akan ada prosesi besar untuk merayakan Maulid Nabi, mulai dari Jalan Foxholes dan berakhir di Masjid Bilal di Bulwer Street. Semua orang dipersilakan untuk mengambil bagian.

Pada hari yang sama, dan pada Hari Natal, umat Kristiani akan berkumpul untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus dengan ibadah  di seluruh Rochdale—bagian dari Manchester. Banyak gereja akan mengadakan ibadah pada malam Natal, atau di tengah malam untuk memulai perayaan kelahiran Yesus dan kemudian pada Hari Natal.

Semangat berbagi dan menunjukkan menyatukan banyak umat Muslim dan Kristen Rochdale. Di Gereja St Chad Rochdale pada malam Natal akan ada perjamuan untuk para tunawisma, dengan makanan yang disediakan oleh keluarga Muslim.

Sekelompok pendeta Kristen dan imam Muslim baru-baru ini menggelar pertemuan dengan tujuan membina pemahaman yang lebih besar serta berusaha mengembangkan beberapa proyek aksi bersama.

Imam Irfan Chishti dan Imam Muhammad Shabbir Sialvi mengatakan: “Pada saat yang sama saat orang Kristen merayakan hari kelahiran Yesus, kami umat Islam merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Tentu saja ini waktu khusus pada tahun ini bagi kita semua, kita semua harus berdoa untuk perdamaian di dunia kita, di masyarakat, di keluarga kita dan hati kita.”

Pendeta Mark Coleman dan Pastor Paul Daly mengatakan, “Saat kami berkumpul untuk merayakan kelahiran Sang Raja Damai kami mengajak saudara-saudara Muslim untuk berbagi dalam sukacita kami karena kami ingin berbagi dengan mereka.”

Imam dan rohaniwan bersama mengekspresikan harapan bahwa pada tahun 2016 masyarakat iman di wilayah Rochdale terus tumbuh dalam saling pengertian, dalam kesaksian umum untuk kasih dan kemurahan Allah, dan dalam mempromosikan perdamaian dan niat baik.”


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home