Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:06 WIB | Selasa, 30 Mei 2023

Diplomat Eropa: Rusia Berusaha Menang Perang, Tidak Mau Bernegosiasi

Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell. (Foto: dok. Reuters)

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM-Diplomat senior Uni Eropa, Josep Borrell, pada hari Senin (29/5) mengatakan dia percaya Rusia tidak akan mau bernegosiasi, dan masih berusaha untuk memenangkan perang di Ukraina. Dia menambahkan bahwa dia "tidak optimis" tentang apa yang bisa terjadi dalam konflik musim panas ini.

“Saya melihat konsentrasi pasukan di kedua sisi, keinginan yang jelas dari Rusia untuk mencoba memenangkan perang,” kata Borrell dalam sebuah acara di Barcelona. “(Rusia) tidak akan melakukan negosiasi sampai mencoba memenangkan perang.”

Dia menambahkan bahwa Rusia telah berulang kali mengisyaratkan tidak akan menghentikan  serangan sampai tujuan militernya tercapai.

Komentar Borrell disampaikan pada hari yang sama Rusia mengatakan militernya telah menyerang pangkalan udara Ukraina dan pasukan Ukraina menembaki fasilitas industri di dalam wilayah Rusia, karena kedua belah pihak mencari keunggulan menjelang apa yang Kiev harapkan akan menjadi serangan balasan yang menentukan.

“Saya khawatir antara sekarang dan musim panas, perang akan berlanjut. (Presiden Rusia Vladimir) Putin telah mengumpulkan lebih dari 300.000 orang di sana, dua kali lebih banyak dari yang dia miliki ketika dia melancarkan invasi,” kata Borrell kepada wartawan setelah acara tersebut.

Kehadiran militer Rusia di Ukraina “sangat besar” dan masih membom Ukraina setiap hari dan menghancurkan infrastruktur sipil, tambahnya.

“Saya khawatir mereka tidak melakukan itu tanpa rencana. Kita harus siap, artinya terus membantu Ukraina, karena jika kita tidak membantunya, Ukraina tidak dapat mempertahankan (sendiri),” kata Borrell. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home