Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:19 WIB | Rabu, 10 Mei 2023

Sekjen PBB: Negosiasi untuk Akhiri Perang di Ukraina Saat Ini Tidak Mungkin

Anggota pasukan Ukraina dari brigade penyerangan terpisah ke-3 Angkatan Bersenjata Ukraina, menembakkan howitzer D30 di garis depan, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, dekat kota Bakhmut, Ukraina 23 April 2023. (Foto: dok.Reuters)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Sekretaris Jenderal PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), Antonio Guterres, mengatakan negosiasi perdamaian untuk mengakhiri konflik di Ukraina "tidak mungkin dilakukan saat ini", dalam sebuah wawancara yang diterbitkan oleh harian Spanyol El Pais pada hari Selasa (9/5).

Pernyataannya datang saat para pemimpin Rusia dan Ukraina menyerukan kemenangan dalam acara memperingati akhir Perang Dunia II.

“Jelas bahwa (dua) pihak benar-benar terserap dalam perang ini” dan “yakin bahwa mereka bisa menang,” kata Sekjen PBB saat wawancara dengan harian Spanyol, El Pais.

Guterres mengatakan dia berharap ada kemungkinan "di masa depan" untuk membawa Rusia dan Ukraina ke meja perundingan.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan pada hari Selasa (9/5) di parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah Moskow bahwa dunia berada pada "titik balik" dan mengklaim "perang" telah dilancarkan melawan Rusia.

Sehari sebelumnya, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, bersumpah bahwa pasukan Rusia akan ditaklukkan "sama seperti Nazisme dikalahkan."

Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, akan mengunjungi Eropa pekan ini karena China mendorong untuk bertindak sebagai mediator dalam konflik Ukraina. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home