Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 20:54 WIB | Senin, 14 Desember 2015

Ditanya Siap Jadi Ketua KPK, Johan: Saya Siap Jadi Apa Saja

Calon pemimpin KPK periode 2015-2019, Johan Budi Sapto Pribowo, saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, hari Senin (14/12). (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Komisi III DPR, Benny Kabur Harman, mempertanyakan kesiapan Johan Budi Sapto Pribowo untuk ditunjuk sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019.‎ Johan pun menjawab siap diberikan jabatan apapun.

"Saya siap ditunjuk menjadi apapun pimpinan," kata Johan dalam uji kelayakan dan kepatutan calon pemimpin KPK periode 2015-2019 di Ruang Rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, hari Senin (14/12).

Saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III, Johan sempat menyampaikan rencananya bila terpilih sebagai pemimpin KPK. Menurut dia, KPK k‎e depan, harus fokus pada kepentingan nasional, seperti pada sumber daya alam yakni mineral dan batu bara (minerba), serta, hutan.

"KPK ke depan harus fokus dengan masalah yang berkaitan dengan national interest, seperti national resources yakni minerba, hutan, dan berbagai masalah yang berkiatan dengan sumber daya alam. KPK harus fokus menangkap orang yang bermain di situ," ucap Johan.

Menurut dia, banyak perusahaan yang bergerak di sektor sumber‎ daya alam yang yang tidak memiliki Nilai Pokok Wajib Pajak (NPWP). Hal itu merugikan negara dan harus ditindak.

Selain itu KPK juga akan fokus pada sektor pendidikan dan kesehatan. "Intinya, semua fokus pada kepentingan nasional," tuturnya.

Johan menjelaskan, hal tersebut perlu dilaksanakan oleh KPK. Karena belajar dari pengalaman sebelumnya, ternyata kajian KPK bermanfaat bagi pemerintah. Salah satunya, kajian KPK terhadap komoditas sapi.

"KPK pernah mengkaji komoditas sapi dan disampaikan kepada pemerintah. Belum lama ini pemerintah sampai beli kapal untuk mengangkut sapi itu," ujar Johan.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home