Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 15:56 WIB | Selasa, 30 Desember 2014

Ditemukan Benda dan Jenazah Diduga Korban AirAsia

Puing mengambang di area yang sama dengan puing lainnya terlihat saat operasi pencarian pesawat AirAsia QZ8501 di atas Laut Jawa, Selasa (30/12/2014). Puing tersebut masih diselidiki pihak berwenang, apakah terkait pesawat AirAsia yg hilang. (Foto: AFP)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tim pencari pesawat AirAsia nomor penerbangan QZ8501 menangkap sejumlah benda di kawasan perairan di mana pesawat hilang kontak pada pencarian Selasa (30/12) siang. Benda itu diperkirakan terkait dengan pesawat  yang hilang dengan 155 penumpang dan sembilan awak .

Dalam konferensi pers di Jakarta, Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo menyatakan di lapangan menemukan benda menyerupai bagian dari pesawat, serta dugaan pesawat bayangan di bawah air.

Selain itu juga terdeteksi benda yang menyerupai tubuh manusia terapung dalam gelombang laut. Diduga adalah jenazah dari penumpang Air Asia. Namun demikian tim pencari tengah diterjunkan ke lokasi untuk mengambil benda itu dan memastikan apakah terkait  pesawat tersebut.

"Ada seorang pria bergoyang pada gelombang. Setelah saya melihat foto dengan hati-hati di laptop saya, saya mengerti itu adalah tubuh manusia," seorang letnan dari Angkatan Udara Indonesia mengatakan kepada media setempat.

Ketua Basarnas, Supriyadi mengatakan jenazah yang ditemukan telah dibawa ke sebuah kapal Angkatan Laut Indonesia. Mayat-mayat dalam kondisi bengkak, tapi utuh, dan tidak mengenakan jaket pelampung.

Penemuan benda-benda dan jenazah itu berada sekitar 10 kolimeter dari kolasi di mana pesawat AirAsia hilang kontak, berada di perairan sekitar 100 kilometer dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Basarnas: 95 Persen

Basarnas juga memastikan 95 persen lokasi penemuan serpihan pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya ke Singapura yang hilang Minggu (28/12) berada di Selat Karimata dekat Pangkakan Bun, Kalimantan Tengah.

"Dari semua temuan itu memastikan 95 persen lokasi yang tergambar adalah lokasi serpihan maupun benda-benda yang diduga berasal dari pesawat," kata Soelistyo di Jakarta.

Pada hari ketiga pencarian pesawat AirAsia QZ 8051 tim pencari dan penyelamat (search and rescue/SAR) berhasil menemukan beberapa sejumlah serpihan benda yang diduga bagian pesawat, termasuk pintu darurat (emergency exit door).

"Yang lima persen lagi karena sampai detik ini saya belum melihat langsung benda yang ditemukan, tapi secara komunikasi kepada komandan unsur pencarian atas penglihatan di lapangan menyatakan itu adalah emergency exit," kata Soelistyo.

Berdasarkan penemuan tersebut, ia mengemukakan, dipastikan daerah tersebut dan benda-benda itu adalah bagian dari pesawat AirAsia QZ8501yang dicari.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home