Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:30 WIB | Senin, 10 Februari 2014

Ditemukan Bintang Tertua, Berusia 13,6 Miliar Tahun

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Para astronom pada  hari Minggu (9/2) mengatakan bahwa mereka menemukan sebuah bintang berusia 13,6 miliar tahun, menjadikannya bintang terkuno yang pernah terlihat.

Mereka yakin, bintang tersebut terbentuk beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang menghasilkan alam semesta. Sebelumnya gelar bintang tertua dipegang oleh sebuah bintang berusia sekitar 13,2 miliar tahun, dua objek yang ditemukan oleh tim Eropa dan AS pada 2007 dan 2013.

Stefan Keller di Australian National University di ibu kota Australia, Canberra, mengatakan bintang Methuselah berada (dalam hitungan kosmik) relatif dekat dengan kita.

Itu berada di galaksi kita sendiri, Bima Sakti, pada jarak sekitar 6.000 tahun cahaya dari Bumi. Daftar katalog bintang menamai bintang tersebut SMSS J031300.36-670839.3.

"Tanda-tanda bahwa bintang itu sangat tua adalah tidak adanya sama sekali kandungan besi yang terdeteksi dalam spektrum cahaya yang muncul dari bintang itu," kata Keller yang menjelaskannya lewat email kepada AFP tentang studi ini.

Big Bang memunculkan alam semesta yang diisi dengan hidrogen, helium, dan bekas lithium, kata dia menjelaskan.

Semua elemen lain yang kita lihat sekarang ini terbentuk di beberapa bintang, yang lahir di awan gas dan debu yang diwariskan oleh supernova - bintang besar yang meledak di akhir riwayatnya. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home