Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:29 WIB | Minggu, 24 Desember 2023

DK PBB Setujui Resolusi Peningkatan Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

DK PBB Setujui Resolusi Peningkatan Bantuan Kemanusiaan ke Gaza
Orang-orang berkumpul saat pertemuan Dewan Keamanan di markas besar PBB, hari Jumat, 22 Desember 2023. (Foto-foto: AP)
DK PBB Setujui Resolusi Peningkatan Bantuan Kemanusiaan ke Gaza
Warga Palestina antre untuk mendapatkan makanan gratis di Rafah, Jalur Gaza, 21 Desember 2023.

PBB, SATUHARAPAN.COM-Dewan Keamanan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) menyetujui upaya yang diperkecil untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza dan mengupayakan langkah-langkah untuk menciptakan kondisi guna mengakhiri pertempuran pada hari Jumat (22/12), beberapa jam setelah Israel mengisyaratkan pihaknya memperluas serangan darat di daerah kantong Palestina.

Amerika Serikat, yang merupakan sekutu utama Israel dan mengancam akan memveto usulan Dewan Keamanan PBB selama berhari-hari perselisihan, memilih untuk abstain setelah ada perubahan dalam pernyataan mengenai penghentian permusuhan dan pemantauan bantuan, sebuah langkah yang memungkinkan pemungutan suara tetap berjalan.

Washington secara teratur mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri, namun semakin khawatir atas penderitaan 2,3 juta penduduk Gaza di tengah melonjaknya angka kematian dan krisis kemanusiaan di wilayah tersebut.

Dalam informasi terbaru mengenai korban jiwa, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 20.057 warga Palestina telah tewas dan 53.320 lainnya terluka dalam serangan Israel sejak 7 Oktober.

Pemerintahan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah berjanji untuk memberantas Hamas, kelompok Palestina yang menguasai Gaza, setelah para pejuang kelompok tersebut melancarkan serangan lintas batas ke Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang, menurut penghitungan Israel.

Resolusi Dewan Keamanan yang diadopsi “menyerukan langkah-langkah mendesak untuk segera memungkinkan akses kemanusiaan yang aman, tanpa hambatan, dan memperluas akses kemanusiaan serta menciptakan kondisi untuk penghentian permusuhan yang berkelanjutan.” Draf awal menyerukan “penghentian permusuhan yang mendesak dan berkelanjutan” untuk memungkinkan akses bantuan.

Resolusi tersebut juga tidak lagi melemahkan kendali Israel atas seluruh pengiriman bantuan ke Gaza. Israel memantau pengiriman bantuan terbatas melalui penyeberangan Rafah dari Mesir dan penyeberangan Kerem Shalom yang dikuasai Israel.

Sebelum pemungutan suara PBB, Israel mengatakan 5.405 truk bantuan, yang membawa makanan, air dan pasokan medis, telah memasuki Gaza sejak dimulainya perang. Kelompok-kelompok bantuan mengatakan hanya sebagian kecil dari kebutuhan yang masuk. Sebuah laporan dari badan yang didukung PBB mengatakan pada hari Kamis bahwa risiko kelaparan meningkat setiap hari.

Serangan Udara, Pemboman

Di Gaza pada hari Jumat, ketika harapan memudar untuk terobosan dalam pembicaraan pekan ini di Mesir yang bertujuan untuk membuat Israel dan Hamas menyetujui gencatan senjata baru, serangan udara, pemboman artileri dan pertempuran dilaporkan terjadi di jalur pantai tersebut.

Militer Israel memerintahkan penduduk Al-Bureij, di tengah Gaza, untuk segera pindah ke selatan, yang menunjukkan fokus baru serangan darat yang telah menghancurkan bagian utara wilayah kantong tersebut dan melakukan serangkaian serangan di selatan.

Beberapa warga mengemasi barang dan menyiapkan gerobak keledai dan pergi, namun tidak ada tanda-tanda akan ada sejumlah besar warga Al-Bureij yang bergabung dengan ratusan ribu orang yang mengungsi dari daerah lain.

“Ke mana kita harus pergi? Tidak ada tempat yang aman,” kata Ziad, seorang petugas medis dan ayah enam anak, kepada Reuters melalui telepon. “Mereka meminta orang-orang untuk pergi ke (kota Gaza tengah) Deir Al-Balah, di mana mereka melakukan pengeboman siang dan malam.”

Warga melaporkan penembakan tank Israel di wilayah timur Al-Bureij.

Pasukan Israel sebelumnya telah terlibat dengan kelompok bersenjata Hamas di tepi Al-Bureij tetapi belum masuk lebih dalam ke kawasan yang dibangun, yang merupakan bekas kamp pengungsi Palestina dari perang Israel-Arab tahun 1948.

Di selatan, setidaknya empat warga sipil tewas dalam serangan udara terhadap sebuah mobil di Rafah, kata seorang pekerja penyelamat Palestina. Seorang anak laki-laki, wajahnya berlumuran darah, dan seorang anak perempuan, dibawa pergi dari tempat kejadian, video menunjukkan. Belum ada komentar langsung dari Israel.

“Serangan Israel yang membabi-buta terhadap Gaza telah mengubah bagian utara Jalur Gaza menjadi tumpukan puing,” kata badan amal medis MSF dalam sebuah postingan di X. “Di rumah sakit Nasser di Khan Younis, Gaza selatan, korban tewas dan terluka terus berdatangan hampir setiap hari. hari... Tidak ada tempat yang aman.”

Warga Sipil Dijadikan Tameng

Militer Israel telah menyatakan penyesalannya atas kematian warga sipil namun menyalahkan Hamas yang didukung Iran karena beroperasi di daerah padat penduduk atau menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia, sebuah tuduhan yang dibantah oleh kelompok tersebut.

Israel mengatakan 140 tentaranya tewas sejak melancarkan serangan darat ke Gaza pada 20 Oktober.

Shehab yang berafiliasi dengan Hamas kantor berita melaporkan penembakan besar-besaran dan serangan udara terhadap kamp pengungsi Jabalia al-Balad dan Jabalia, di Gaza utara, dan mengatakan bahwa kendaraan Israel berusaha maju dari sisi barat Jabalia di tengah suara tembakan.

Laporan di media Palestina dan rekaman yang dibagikan oleh warga Gaza di media sosial menunjukkan mayat-mayat berserakan di jalan dan beberapa terkubur di bawah reruntuhan di sekitar rumah sakit Indonesia di Beit Lahiya, di Gaza utara.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa angkatan udaranya menghancurkan lokasi peluncuran rudal jarak jauh di Juhor ad-Dik, Gaza tengah, yang menurutnya, “peluncuran baru-baru ini dilakukan ke wilayah Israel”, kemungkinan merujuk pada sebuah serangan di Tel Aviv pada hari Kamis (21/12).

Sebuah kelompok yang mewakili keluarga sandera Gaza mengatakan pada hari Jumat bahwa salah satu tawanan – Gadi Haggai, 73 tahun, berkewarganegaraan ganda AS-Israel – telah meninggal di penangkaran. Namun tidak memberikan rincian atau menjelaskan bagaimana informasi tersebut diperoleh. (dengan Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home