Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 20:44 WIB | Sabtu, 25 Februari 2017

DKI Beri Dana Bantuan Lima Miliar ke Bogor

Ilustrasi. Mobil yang memaksakan untuk melintasi jalan yang tergenang air sungai di Jalan Desa Gunung Sari, Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hari Senin (20/2). Curah hujan yang tinggi menyebabkan Sungai Cileungsi meluap ke jalan. (Foto: Antara)

CIBINONG, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendapat Rp 5 miliar atau 5,37 persen dana bantuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dari jumlah dana yang diusulkan sebanyak Rp 93 miliar pada tahun 2017.

"Karena dana hanya ada lima miliar, jadi sementara hanya untuk perbaikan Puskesmas Cileungsi, tempat sampah Cileungsi, dan sanitasi di Puncak," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor, Sarifah Sofiah, di Pendopo Bupati di Cibinong, hari Jumat (24/2).

Ia menyatakan dengan kebutuhan pembangunan perbaikan daerah aliran sungai (DAS) dari hulu kawasan Bogor di Puncak Cisarua hingga di hilir di daerah Jakarta serta beberapa perbaikan lainnya yang sempat diajukan harus banyak ditunda mengingat dana yang terbatas.

Sarifah mencontohkan seperti sodetan di daerah Cikaret dan Kebantenan yang membutuhkan dana Rp 38 Miliar untuk pembebasan lahan dengan proyeksi bisa menjadi area olahraga dayung dalam ajang pekan olahraga daerah (Porda) tahun ini tidak bisa direalisasikan dengan dana bantuan DKI tahun 2017.

Ia juga mengutarakan dana tersebut belum termasuk untuk dana pembangunannya karena masih dalam perhitungan.Oleh karena itu, ia akan mengupayakan dana bantuan dari pemerintah pusat sebagai upaya optimal yang bisa dilakukan.

Di tahum 2016, sebanyak Rp 3 miliar telah berikan Pemprov DKI Jakarta dan telah digunakan untuk membeli truk sampah.

Ia berharap bantuan dana baik dari DKI Jakarta maupun pemerintah pusat bisa bertambah signifikan guna mempercepat solusi pembangunan antar daerah terkait banjir dan sampah. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home