Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 21:10 WIB | Jumat, 04 September 2015

Donald Trump Manfaatkan Ketua DPR Negara Muslim Terbesar

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, mempertanyakan kemunculan dua sosok pemimpin Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Setya Novanto dan Fadli Zon, dalam acara kampanye kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump. Dalam pertemuan tersebut, Novanto sempat mengklaim rakyat Indonesia menyukai sosok Trump.

Dalam tayangan yang ada, kata Hikmahanto, Donald Trump sempat memperkenalkan Setya Novanto kepada massa pendukungnya. Dalam kesempatan itu, Trump bertanya kepada Setya Novanto, "Apakah rakyat Indonesia menyukai saya?" Lantas, Novanto pun menjawab, "Ya".

"Jawaban dan kehadiran Setya Novanto yang diperkenalkan sebagai Ketua DPR seolah memberi endorsement atas kampanye Trump. Tanpa disadari, Ketua DPR dari sebuah negara besar dengan jumlah Muslim terbesar dan demokratis telah dimanfaatkan oleh Donald Trump," kata Hikmahanto dalam keterangan pers yang diterima satuharapan.com, hari Jumat (4/9).

Hikmahanto pun meminta Ketua DPR RI untuk mengklarifikasi kehadiran dan jawaban atas pertanyaan Donald Trump tersebut karena dapat dianggap sebagai intervensi negara lain terhadap politik Indonesia. Terlebih, kunjungan pemimpin DPR RI ke Kota New York, Amerika Serikat tersebut dalam rangka kerja diplomasi mewakili Indonesia, bukan menghadiri kampanye Donald Trump.

"Rakyat Indonesia belum tentu tahu siapa itu Donald Trump, terlebih lagi menyukainya. Alat perlengkapan DPR perlu menelisik motif kehadiran dan jawaban Ketua DPR dalam kampanye Donald Trump," ucap Hikmahanto.

Setya Novanto dan rombongan pemimpin DPR RI sedang berada di Amerika Serikat untuk mengikuti konferensi para ketua parlemen dunia yang dibuka pada 1 September di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home