Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:08 WIB | Selasa, 14 Juli 2015

Donor Organ Tubuh Selaras Semangat Ramadan

Ilustrasi - Tan Sri Lee Lam Thye. (Foto: thestar.com.my)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM – Sebuah gerakan di Malaysia yang bertema 'Part of You, All of Me ' yang di dalamnya mengajak warga Malaysia mendonorkan organ tubuh bertujuan memberi pesan kepada setiap individu agar mampu berkorban menyelamatkan banyak nyawa.

“Rakyat Malaysia wajar mempertimbangkan pilihan untuk menyumbangkan organ tubuh karena ia mampu menyelamatkan ribuan orang yang masih menantikan donor,” kata Ketua Komite Donasi Organ, Tan Sri Lee Lam Thye, di Kuala Lumpur, Selasa (14/7).

Lam Thye mengatakan kampanye ini merupakan salah satu bagian dari semangat Ramadan untuk mendorong rakyat Malaysia menyumbang sesuatu untuk menyelamatkan nyawa.

“Kami ingin menanamkan kesadaran donasi organ dan jaringan di negara ini, memotivasi masyarakat ke arah positif yakni menjadi negara donor, serta membantu mewujudkan keluarga yang bisa menjadi donor organ," kata dia.

Lee berkata demikian setelah melancarkan kampanye mendonorkan organ tubuh yang dapat dilakukan di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan  Universitas Kedokteran Internasional.

Kampanye itu akan diteruskan dengan program Minggu Kesadaran Donor Organ pada Oktober 2015 melibatkan semua pihak.

Donor Organ di Negara Lain

Sementara di Qatar setidaknya 4.400 orang terdaftar sebagai pendonor organ selama kampanye dijalankan oleh Hamad Medical Corporation (HMC) pada sepuluh hari pertama Ramadan.

Dalam sebuah pernyataan kemarin, HMC menyatakan terima kasih kepada mereka yang telah terdaftar untuk memberikan karunia hidup dan meminta setiap anggota lain dari masyarakat yang belum terdaftar agar segera melakukannya.

Salah satu anggota staf dari Qatar Organ Donasi Pusat (Hiba) yang saat ini ditempatkan di pusat perbelanjaan dan lokasi terkemuka lainnya di seluruh negeri, bertujuan untuk mendidik anggota masyarakat pada donasi organ dan meminta mereka untuk mendaftar sebagai donor.
Individu akan dapat mendaftar sebagai donor di tempat dan menerima kartu donor mereka. Anggota staf terlatih untuk menjawab pertanyaan dalam berbagai bahasa.

Direktur Hiba Riadh Fadhil, yang sudah menjadi donor terdaftar, kata menjadi donor adalah tindakan mulia dan ia berterima kasih kepada semua orang yang mendaftar.

“Saya meminta semua orang untuk berpikir tentang mendaftar sebagai donor sehingga kita mungkin memiliki situasi di Qatar di mana tidak ada yang akan harus menunggu atau bepergian ke luar negeri untuk transplantasi organ,” kata Riadh Fadhil.

HMC juga meluncurkan kampanye media sosial untuk mempromosikan tindakan menjadi donor terdaftar. (bernama.com./gulf-times.com).

Ikuti berita kami di Facebook

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home