Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 17:57 WIB | Kamis, 22 Januari 2015

DPR Dukung Kerja Sama Indonesia dengan IAEA

Suasana pertemuan Ketua DPR Setya Novanto dengan DPR kerja sama Indonesia dengan Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) Yukiya Amano. (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Setya Novanto menerima Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) Yukiya Amano. Dalam pertemuan tersebut, Setya menyampaikan dukungan atas upaya penguatan kerja sama antara Indonesia dengan IAEA dalam hal pemanfaatan dan penerapan teknologi nuklir.

Setya menjelaskan, di bidang pertanian dan pangan, Indonesia telah berhasil memanfaatkan teknologi nuklir dalam pemuliaan tanaman pangan seperti padi, kedelai, kacang tanah dan sorgum. Selain itu, kata diam varietas tanaman yang dihasilkan melalui teknologi radiasi mempunyai karakteristik unggul seperti produktivitas tinggi, tahan lama, dapat tumbuh di lahan marginal dan mempunyai umur panen yang lebih pendek.

“Hasil dari penelitian itu sudah dimanfaatkan secara luas oleh petani dan lebih memberikan kontribusi penting dalam mendukung program ketahanan dan kedaulatan pangan. Bahkan, Indonesia menerima penghargaan Outstanding Achievement Award dari FAO dan IAEA,” kata Setya, dalam pertemuan dengan IAEA, di Ruang Pemimpin DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/1).

Ia berpandangan, Indonesia telah memanfaatkan teknologi nuklir di bidang kesehatan guna menghasilkan berbagai produk radioisotop dan radiofarmasi untuk keperluan diagnosis dan terapi, seperti diagnosis fungsi ginjal, kelenjar tiroid, serta diagnosis dan terapi kanker.

Dalam pertemuan tersebut, Setya didampingi oleh Anggota DPR seperti, Saya Widya Yudha, Robert Kardinal dan Tantowi Yahya. Sedangkan, pihak badan Tenaga Nuklir Internasional dihadiri oleh Conleth Brady, Djarot Sulistio Wisnubroto (Kepala Batan), Jazi Eko Istiyanto, dan Dubes Indonesia untuk Austria. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home