Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:10 WIB | Rabu, 17 Juni 2015

DPR Kini Punya Ruang Pengaduan dan Informasi Publik

Ruang Pelayanan Terpadu Pengaduan Masyarakat dan Informasi Publik di Lobby Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) kini telah memiliki Ruang Pelayanan Terpadu Pengaduan Masyarakat dan Informasi Publik (RPTMIP). Ruangan yang bertujuan meningkatkan pelayanan DPR kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi atau pengaduan dan pelayanan informasi publik tersebut telah dibuka secara resmi oleh Ketua DPR RI Setya Novanto, pada Rabu (17/6).

Selain akan memudahkan akses, menurut Kepala Bagian Pemberitaan  Sekretariat Jenderal DPR RI Dadang Prayitna, RPTMIP diharapkan akan membuat masyarakat merasa aman dan nyaman ketika menyampaikan aspirasi, pengaaduan, dan mencari informasi publik yang dibutuhkan. Sehingga, tercipta komunikasi positif dan sinergi yang baik antara masyarakat luas dengan para wakil rakyat.

“RPTMIP diharapkan dapat membuat masyarakat merasa aman dan nyaman ketika akan menyampaikan aspirasi, pengaduan, dan mencari informasi publik yang dibutuhkan, hingga tercipta komunikasi positif antara masyarakat dengan anggota DPR RI,” ujar Dadang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (17/6).

Menurut dia, sebenarnya selama ini DPR RI telah membuka akses kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, seperti lewat audiensi dengan pemimpin dewan , pemimpin komisi atau alat kelengkapan dewan (AKD), dan pemimpin fraksi. “Selain itu, bagi masyarakat yang ingin menghadiri Rapat Paripurna DPR RI dan rapat-rapat komisi, masyarakat juga dilayani oleh Bagian Humas Sekretariat Jenderal DPR RI yang kemudian disalurkan sesuai keinginannya,” ujar Dadang.

Jadi, dengan dibukanya RPTMIP secara resmi oleh Ketua DPR RI, kata dia, diharapkan dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya.

“DPR RI berharap agara ruang yang berada di Lobby Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat, sehingga kebutuhan masyarakat dapat terlayani dengan baik,” tutur Dadang.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home