Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:00 WIB | Selasa, 12 April 2016

DPRD DKI Sarankan Reklamasi di Kepulauan Seribu

Ilustrasi. Pemandangan Pulau Karya yang merupakan salah satu bagian dari Kabupaten Kepulauan Seribu. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Hanura, Syarifuddin mengusulkan daripada melakukan reklamasi pantai utara Jakarta, lebih baik reklamasi dilakukan di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Menurutnya, di kawasan tersebut ada sekitar 100 lebih pulau yang membutuhkan pembangunan dan pengembangan sarana, prasarana dan infrastruktur.

"Kenapa kita tidak reklamasi Pulau Panggang, Pulau Pramuka dan pulau-pulau lainnya? Karena memang tidak ada tempat penampungan lagi untuk warga di sini," kata Syarifuddin dalam acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrembang) di Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu, Selasa (12/4).

Dia berpendapat hal itu perlu dilakukan karena saat ini populasi di Kepulauan Seribu sudah padat. Sedangkan pembangunan perumahan di tempat itu sangat sedikit, sehingga banyak warga yang terpaksa tinggal satu rumah dengan empat kepala keluarga (KK).

"Ini betul-betul padat. Kalau Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah mampu membangun rusunawa di daratan, kenapa tidak mampu membangun rusunawa di Kepulauan Seribu?," kata dia.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan reklamasi adalah jalur alternatif. Jika memang harus dilakukan, pihak terkait harus mengkajinya secara hati-hati dan teliti. Selain itu, analisis dampak lingkungan (Amdal) harus tepat.

“Kalau menurut saya (reklamasi) bukan alternatif utama, tapi yang terakhir. Pembangunan bukan hanya terpusat di pusat Jakarta,” kata dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home