Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 22:06 WIB | Senin, 21 Juni 2021

Dua Bersaudara Meniti “Highline” 853 Meter di Taman Nasional Yosemite

Dua Bersaudara Meniti “Highline” 853 Meter di Taman Nasional Yosemite
Highliner Jimmy Breiz meniti sepanjang 2.800 kaki di Taft Point di atas Lembah Yosemite. (Foto: dok. Ryan Jenks via San Fransisco Cronicle)
Dua Bersaudara Meniti “Highline” 853 Meter di Taman Nasional Yosemite
Highliner Daniel Monterrubio meniti sepanjang 2.800 kaki dari Taft Point di atas Lembah Yosemite. (Foto: dok. Scott Oller via San Fransisco Cronicle)
Dua Bersaudara Meniti “Highline” 853 Meter di Taman Nasional Yosemite
Highliners yang memasang garis sepanjang 2.800 kaki dari Taft Point di Yosemite. (Foto: dok. Steve Griggs via San Fransisco Cronicle)

SAN FRANCISCO, SATUHARAPAN.COM-Dua bersaudara dari San Francisco mengatakan mereka telah memecahkan rekor berjalan meniti di satu tali (highline) terpanjang di Taman Nasional Yosemite dan California, menurut laporan San Francisco Chronicle.

Awal bulan ini, mereka dan sekelompok teman menghabiskan waktu hampir sepekan untuk merangkai satu jalur sepanjang 2.800 kaki (853 meter) dari Taft Point barat melintasi jurang yang terjal sejauh 1.600 kaki (488 meter).

Moises dan Daniel Monterrubio, kakak beradik yang sedang berlatih menjadi teknisi highlining, telah berpikir untuk menyeberangi celah itu selama setahun.

“Setiap kali kami pergi ke sana, kami akan memikirkan kalimat itu,” kata Moises Monterrubio, 26 tahun, mengatakan kepada Chronicle.

Titian satu tali untuk olah raga bagu, highline, dibuat dari anyaman nilon yang kuat di ketinggian, biasanya lebarnya hanya satu inci dan tebal beberapa millimeter, digantung di antara dua titik jangkar dan berfungsi sebagai semacam balok keseimbangan.

Mereka meniti dengan hati-hati menyelipkan tumit dari satu ujung ke ujung lainnya sambil mengenakan tali pinggang yang terhubung ke cincin bajatiga  inci di sekitar tali. Saat jatuh, pejalan kaki tetap terikat, tetapi mereka harus mengangkat diri mereka kembali untuk menyeimbangkan atau bergoyang kembali ke titik jangkar sambil menjuntai terbalik.

Olahraga ini dalam dekade terakhir telah berkembang menjadi budaya atlet, dan mengembangkan merek peralatan dan sponsor.

Selama enam hari awal bulan ini, Monterrubios menggunakan bantuan 18 teman dan sesama pendaki gunung untuk menavigasi jaring mereka melalui dan melintasi lanskap,  jalur mendaki dari dasar lembah, menuruni tebing dan bermanuver melalui pohon yang tak terhitung jumlahnya.

Akhirnya, mereka memiliki jangkar: satu set batu granit di Taft Point dan batang pohon tua yang besar di bagian lainnya. “Itu cukup intens dan berbahaya. Tapi kami mewujudkannya,” kata Monterrubio.

Kelompok itu mendapat izin dari staf taman nasional sebelumnya, katanya.

Line terpanjang berjalan di Yosemite adalah 954 kaki (291 meter) membentang dari Taft Point ke jangkar di timur. Line baru itu hampir tiga kali panjangnya.

Semuanya datang bersama saat matahari terbenam pada 10 Juni: Line sudah ditentukan, dua bersaudara sudah siap dan kehormatan ada di tangan mereka. Daniel, 23 tahuyn, berjalan di line  pertama dan jatuh tiga atau empat kali tertiup angin, tetapi berhasil melewatinya. Kemudian Moises, juga jatuh dua kali, tetapi terjebak di line di atas lanskap terjal.

Teman-teman bergantian menelepon selama empat hari sesudahnya, kebanyakan dari mereka juga jatuh. Kebanggaan seorang highliner adalah menaklukkan line tanpa tergelincir. Akhirnya, Moises berjalan di line dalam 37 menit tanpa jatuh. Begitu pula dengan sesama highliner Eugen Cepoi, mentor Moises.

“Bagian yang paling berharga adalah melihat semua teman saya di pembawa berita bersemangat untuk menyelesaikannya,” kata Moises. "Saya menghargai itu lebih dari menyeberang." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home