Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 10:20 WIB | Minggu, 14 September 2014

Dua Gol Neymar Bawa Barcelona Bungkam Bilbao

Neymar masuk sebagai pemain pengganti; Babak pertama, Babak kedua, Hasil sejumlah pertandingan Liga Spanyol lainnya
Dua gol Neymar sukses membawa Barcelona manaklukkan perlawanan Athletic Bilabo di pekan ketiga Liga Spanyol. (Foto: fcbarcelona.es)

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM – Penyerang berkebangsaan Brasil Neymar Junior yang turun sebagai pemain pengganti di babak kedua, menjadi pahlawan kemenangan Barcelona setelah sepasang gol yang ia cetak sanggup menuntaskan perlawanan Athletic Bilbao dengan skor 2-0 di Camp Nou, Sabtu (13/9).

Meski Neymar muncul sebagai aktor protagonis, Lionel Messi turut berperan dengan menjadi kreator kedua gol tersebut. Hasil ini membawa pasukan Luis Enrique masih mempertahankan 100 persen kemenangan dengan mencatatkan sembilan poin dari tiga laga sekaligus belum beranjak dari pucuk klasifika La Liga Spanyol. Sementara Bilbao masih tertahan di urutan kesepuluh dengan tiga poin.

Babak Pertama

Tampil dengan jersey Senyera berwarna merah dan kuning yang melambangkan simbol Catalunya, Barcelona tampil menggebrak sejak awal laga. Di menit ketiga, Munir El Haddadi langsung mengancam, tapi tembakan sang penyerang muda masih melambung tipis.

Tak lama kemudian, pergerakan manis para pemain Barca berujung pada tembakan voli Pedro Rodriguez, namun Gorka Iraizoz masih bisa menepisnya dengan gemilang. Di menit 19, Barca harusnya bisa membuka keunggulan. Umpan ajaib Lionel Messi menemui kaki Munir yang bebas di kotak penalti, namun sekali lagi tembakannya masih belum tepat sasaran.

Dominasi tuan rumah sebenarnya bisa diimbangi Bilbao lewat pertahanan mereka yang cukup disiplin. Klub Basque itu juga menciptakan peluang di menit 28 ketika Benat Etxebarria bergerak dari lini tengah dan melepaskan tembakan jarak jauh. Sayang tembakannya masih belum terlalu terarah. 

Di lima menit terakhir, Barcelona terus menggebrak. Tekanan demi tekanan terus mereka lakukan. Upaya Rakitic di menit 43 masih bisa digagalkan Iraizoz dan kiper Bilbao itu melakukannya sekali lagi satu menit kemudian ketika sukses menggagalkan sepakan Munir. Hingga babak pertama berakhir, skor kacamata masih bertahan.

Babak Kedua

Bermain tanpa gol di babak pertama, mau tak mau Barca harus tancap gas sejak turun minum. Hasilnya, gol sudah mereka ciptakan di menit 50 ketika Munir sukses menjaringkan bola menyusul tendangan bebas cepat yang dilakukan para pemain Barca. Akan tetapi, penyerang berusia 19 tahun itu dalam posisi off-side sehingga gol tersebut dibatalkan.

Dua menit berselang, Jordi Alba melepas tembakan usai menyambut umpan Messi, namun Iraizoz berhasil menepisnya. Kiper Bilbao itu kembali beraksi di menit 59 ketika mampu menyelamatkan tandukan Munir usai menyambut umpan silang Alba. Kendati serangan bertubi-tubi terus dilancarkan, mereka masih belum bisa memecah kebuntuan di pertengahan babak.

Enrique lalu memasukkan Neymar menggantikan Munir dan dampaknya luar biasa. Tak hanya mampu memecah kebuntuan, Neymar juga sukses menceploskan dua gol dalam rentang lima menit! Namun semuanya ini tidak bisa terlaksana tanpa bantuan sang superstar: Lionel Messi.

Gol pertama tercipta di menit 79 ketika penyerang Brasil itu sukses menuntaskan umpan cerdik Messi. Dan pada menit 84, Messi kembali sukses membuat bek-bek Bilbao tertuju kepadanya sehingga Neymar kembali dengan mudah mengonversi peluang yang dikreasikan penyerang Argentina itu. Hingga injury time tiga menit, skor 2-0 tetap bertahan. 

 Susunan Pemain (Barcelona vs Athletic Bilbao):

Barcelona: Bravo, Montoya, Mascherano (Pique 46'), Mathieu, Jordi Alba, Rakitic, Busquets, Iniesta, Pedro (Sandro 78'), Messi, Munir (Neymar 63')

Cadangan: Ter Stegen, Xavi, Sergi Roberto, Adriano

Athletic Bilbao: Iraizoz, Laporte, Benat (Unai Lopez 63'), Iturraspe, De Marcos, Susaeta (Ibai 63'), Mikel Rico (Viguera 83'), Gurpegi, Munain, Aduriz, Balenziaga.

Cadangan: San Jose, Iago Herrerín, Iraola, X.Etxeita

Hasil Pertandingan Liga Spanyol pekan ketiga

Almeria 1 - 1 Cordoba

Malaga 0 - 0 Levante

Real Madrid 1 - 2 Atletico Madrid

Celta Vigo 2 - 2 Real Sociedad (goal.com/livescore.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home