Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 01:08 WIB | Senin, 18 Mei 2020

Dubes China untuk Israel Ditemukan Wafat di Rumahnya

Duta Besar Tiongkok untuk Israel Du Wei menghadiri briefing di pos sebelumnya di Ukraina. (Foto: Reuters/Valentyn Ogirenko)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - Duta Besar China untuk Israel Du Wei ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Herzliya pinggiran kota Tel Aviv, pada hari Minggu (17/5) pagi, kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri setempat. Polisi masih menyelidiki di rumahnya.

Kedutaan Besar China mengatakan tidak dapat mengkonfirmasi laporan tersebut.

Tidak ada tanda-tanda kekerasan, pemimpin para penyelidik percaya bahwa Wei meninggal karena serangan jantung, Radio Army melaporkan. Sumber-sumber lain yang dekat dengan investigasi mengklaim dia meninggal karena serangan jantung.

Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Israel Yuval Rotem menyatakan belasungkawa kepada Wakil Duta Besar Tiongkok untuk Israel Dai Yuming. Kementerian Luar Negeri akan membantu dengan cara apa pun yang diperlukan, katanya.

Wei ( 57) adalah seorang suami dan ayah seorang putra. Keluarganya tidak di negara itu bersamanya. Dia tiba di Israel pada bulan Februari untuk menjadi duta besar, setelah sebelumnya menjabat sebagai duta besar China untuk Ukraina.

Kematian Wei terjadi satu minggu setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengunjungi Israel dalam upaya yang tampaknya meyakinkan pemerintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk membatasi investasi China di Israel.

Juru bicara Kedutaan Besar China di Israel Wang Yongjun menulis di The Jerusalem Post pada hari Jumat tentang kedekatan China dan Israel, menyebut klaim dan komentar Pompeo "tidak masuk akal."

"Pengalaman historis juga menunjukkan bahwa pandemi disertai dengan konspirasi dan mentalitas gelap mencari kambing hitam," tulis Yongjun. "Teman-teman Yahudi mengenalnya dengan baik."

“Kerja sama China-Israel bersifat win-win, dan proyeknya adalah kegiatan pasar berdasarkan penawaran dan permintaan. Di bidang teknologi tinggi, kerja sama kami membuka pasar terbesar di dunia bagi pencapaian inovasi Israel, dan di bidang infrastruktur, perusahaan-perusahaan China membawa tenaga kerja hemat biaya yang sangat dibutuhkan oleh upaya konstruksi Israel dan menyediakan sejumlah besar peluang kerja," dia menulis. "Di atas adalah respons Kedutaan Besar terhadap komentar Mr Pompeo tentang China. Kami percaya bahwa teman-teman Yahudi tidak hanya mampu mengalahkan coronavirus tetapi juga 'virus politik' dan memilih tindakan yang paling sesuai dengan kepentingan mereka."

Mantan menteri luar negeri Israel Katz tweeted bahwa ia “terkejut mendengar berita tragis terkait kematian mendadak H.E. Du Wei ... Duta Besar Du adalah diplomat karir terkemuka dan selama waktu singkatnya di Israel telah berkontribusi pada hubungan bilateral antara kedua negara."

Katz menyampaikan belasungkawa kepada Kementerian Luar Negeri China atas nama Israel. (jpost.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home