Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:17 WIB | Minggu, 07 September 2014

Dukungan Kemerdekaan Skotlandia Unggul di Jajak Pendapat

Dukungan kemerdekaan Skotlandia unggul di jajak pendapat. (Foto: airtransat.ca)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Jajak pendapat terbaru yang dipublikasikan pada Minggu (7/9) menunjukkan dukungan bagi kemerdekaan Skotlandia memimpin untuk pertama kalinya hanya 11 hari jelang referendum kemerdekaan dari Inggris.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh YouGov/Sunday Times tersebut menunjukkan 51 persen responden memilih ‘Yes’ atau mendukung kemerdekaan Skotlandia, sementara 49 persen menyatakan ‘Tidak’ atau memilih tetap bersatu dengan Inggris.

Meski selisih dua poin tersebut berada di dalam margin eror, angka ini secara drastis meningkatkan peluang kemenangan bagi pendukung kemerdekaan jelang referendum pada 18 September dan menjadi momentum berharga bagi Partai Nasional Skotlandia (SNP) pimpinan First Minister Alex Salmond.

Kampanye Better Together, yang menginginkan Skotlandia tetap berada di pangkuan Inggris, sebelumnya unggul dalam jajak pendapat selama berbulan-bulan, namun selisihnya kian menipis dalam beberapa hari terakhir.

Sebulan lalu, pada 7 Agustus, dalam jajak pendapat YouGov responden yang memilih ‘No’ mencapai 61 persen sementara responden yang menyatakan ‘Yes’ 39 persen -- selisih 22 poin. (AFP)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home