Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 17:22 WIB | Minggu, 26 Oktober 2014

Duta Besar AS Kunjungi 3 Negara Berkasus Ebola

Perawat Liberia membawa tubuh korban meninggal akibat virus Ebola menuju pemakaman di Monrovia, Liberia. (Foto: bbc.co.uk)

MONROVIA, SATUHARAPAN.COM – Duta Besar Amerika Serikat, Samantha Power  memulai kunjungan ke tiga negara yang dilanda wabah ebola paling parah. Dilansir dari bbc.com pada Minggu (26/10) ia telah mendarat di Guinea dan akan mengunjungi Sierra Leone dan Liberia.

Power mengatakan beberapa negara yang menawarkan dukungan tidak bertanggung jawab memasok bantuan dan dokter.

Sebelumnya, lebih dari 10.000 orang telah terjangkit virus ebola, 4.922 di antaranya meninggal dunia. Angka terbaru ini disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Power mengatakan, respons internasional untuk penanganan ebola perlu diubah ke skala yang lebih tinggi.

"faktanya, sebagai anggota kabinet kepresidenan, bahwa kita tidak perlu takut", katanya.

Power rencananya akan mengunjungi pusat-pusat koordinasi ebola nasional dan bertemu dengan pekerja PBB di sana, meskipun itu tidak jelas apakah ia akan bertemu korban atau tidak.

Di sisi lain, seorang komandan baru, Mayor Jenderal Gary Volesky, telah mengambil alih misi militer Amerika Serikat untuk memerangi ebola di Afrika Barat.

Dikatakan bahwa pasukan dari Divisi ke-101 Amerika Serikat yang tiba di Liberia 38 hari yang lalu mendirikan dua laboratorium baru. Selain itu, 25 tempat tidur rumah sakit harus beroperasi di ibu kota Monrovia pada November.

Sebelumnya Amerika Serikat telah berjanji 4.000 tentara akan dikerahkan untuk membangun rumah sakit dan akan melatih petugas kesehatan di Afrika Barat. Hingga kini, sekitar 600 di antaranya telah tiba. (bbc.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home