Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yustinus Yuniarto 08:57 WIB | Senin, 01 Juli 2013

Efek Domino Kebaikan

foto: www.flickr.com

SATUHARAPAN.COM – Pada  beberapa peristiwa dunia, istilah efek domino menjadi begitu populer. Di Amerika Serikat, pada 2007, masalah krisis di bidang properti menjadi efek domino  krisis ekonomi yang berpuncak pada bangkrutnya beberapa lembaga keuangan.

Krisis ekonomi tersebut menimbulkan efek domino yang dahsyat pula di berbagai belahan dunia.  Terjadi resesi di bidang investasi dan perdagangan di negara-negara seperti India, Cina, Brasil, dan Rusia. Tak ketinggalan pula negara-negara raksasa ekonomi Eropa seperti Inggris, Belanda, dan Swiss pun terkena efek ini. Di Indonesia pun, dalam kasus Bank Century, alasan bailout oleh Bank Indonesia digunakan agar tidak terjadi efek domino terhadap bank-bank lainnya.

Sederhananya, efek domino adalah mata rantai reaksi yang terjadi pada pihak lain ketika sebuah perubahan, baik besar maupun kecil, menyebabkan hal yang sama pada pihak di dekatnya dan begitu seterusnya.

Dalam kehidupan ini, baik kejahatan maupun kebaikan, pastilah bisa menimbulkan efek domino. Karena itu, marilah kita lebih memusatkan diri pada kebaikan. Pernahkan kita membayangkan bahwa kebaikan sekecil apa pun bisa menjadi mata rantai kebaikan dari satu pihak ke pihak yang lain?

Cobalah tersenyum  dengan tulus kepada orang lain hari ini. Semoga senyuman kita membekas dalam hatinya dan menjadi efek domino kebaikan karena ditularkan kepada orang lain. Sehingga dunia kita pun menjadi tempat yang semakin indah untuk didiami. Sederhana bukan?

email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home