Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 18:28 WIB | Kamis, 31 Agustus 2023

Ekonomi Rusia: Pendapatan Minyak Turun, Impor Naik, Biaya Perang Meningkat

Warga berjalan di dekat papan nilai tukar mata uang di Moskow, Rusia. (Foto: dok. AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Fluktuasi nilai tukar mata uang Rusia, rubel telah mengungkap keretakan dalam perekonomian Presiden Vladimir Putin, sebuah kerentanan yang dengan cepat ditutup oleh tim ekonomi Kremlin dalam sebuah langkah yang memungkinkan mata uang tersebut mendapatkan kembali pijakannya, setidaknya untuk saat ini.

Namun langkah tersebut: kenaikan suku bunga darurat, tidak dapat menyembunyikan dilema yang ada di jantung perekonomian Rusia: bagaimana mendanai militer tanpa merusak mata uang nasional dan membuat perekonomian menjadi terlalu panas dengan inflasi yang korosif dan memalukan secara politik.

Kehidupan di Moskow tampak normal meskipun ada sanksi besar yang terkait dengan perang yanbg dilancarkan di Ukraina dan kepergian ratusan perusahaan ternama Barat.

Tempat duduk di luar ruangan di restoran dan bar di jalan Bolshaya Nikitskaya yang populer dipenuhi pada malam baru-baru ini dengan penduduk yang berpakaian bagus menikmati cuaca nyaman di bulan Agustus. Musik keras dari DJ terdengar dari halaman restoran terdekat. Sekilas mal tidak berubah, namun di tempat Zara dan H&M pernah berdiri, pembeli akan menemukan merek pakaian baru Maag dan Vilet.

Dan penjual donat Krunchy Dream bisa dengan mudah disalahartikan sebagai Krispy Kreme yang pernah berdiri di tempatnya di mal Evropeisky, bahkan brandingnya pun mirip. Dengan tidak adanya Apple Pay, bank menyediakan stiker dengan chip yang memungkinkan pembayaran seluler.

Indikator perekonomian utama juga berada dalam kisaran normal. Pengangguran rendah, pertumbuhan ekonomi lebih baik dari perkiraan banyak orang dan inflasi tergolong moderat menurut standar Rusia: sebesar 4% pada bulan Juli, meskipun sulit bagi mereka yang memiliki pendapatan terbatas.

Masyarakat di Moskow, di mana kritik terhadap militer dapat menyebabkan hukuman penjara dan beberapa hanya menyebutkan nama depan mereka, mengungkapkan kegelisahan dan pengunduran diri.

Pensiunan Vladimir Cheremesyev, 68 tahun, mengenang bahwa masalah setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991 tertunda beberapa tahun. “Saya pikir meskipun saya seorang pensiunan, dan penghasilan saya tidak banyak, saya belum merasakan banyak hal,” kata Cheremesyev, “tetapi ada kecemasan, terkadang tekanan darah saya naik.”

Yang lain mencatat bagaimana harga terus berubah. Yuliana, seorang pengusaha berusia 38 tahun, lebih prihatin: “Kondisi kami semakin memburuk, tidak ada gunanya. ... Ini tidak akan berakhir hari ini atau besok, dan tidak lusa. Saya pikir lebih dari satu generasi akan membayar untuk cerita ini.”

Impor Naik

Bagi bisnis yang membutuhkan pasokan, mereka beralih ke alternatif lain. Andrei Lavrov, pemilik klinik gigi Smile Atelier, mengatakan dia harus membeli jahitan dan silikon dari Asia karena dia menggunakan “cukup banyak” bahan impor.

“Tapi, ngomong-ngomong, tidak terjadi bencana,” katanya. “Jika ada sesuatu yang tidak lagi disuplai, maka dengan mudah dapat diganti melalui jalur paralel.”

Beberapa jahitan buatan Rusia adalah “bahan berkualitas sangat tinggi,” katanya, seiring dengan industri lokal yang mengisi kekosongan tersebut: “Ada substitusi tertentu.”

Namun, impor ke Rusia meningkat karena barang-barang datang melalui negara-negara terdekat seperti Kazakhstan dan Armenia, sehingga terhindar dari sanksi. Pengeluaran pemerintah untuk program militer dan sosial menyebarkan uang tunai kepada masyarakat dan perusahaan, yang menggunakan sebagian dari dana tersebut untuk produk impor.

Kekurangan tenaga kerja, yang diakibatkan oleh banyaknya orang yang meninggalkan negara tersebut, juga mendukung gaji, sementara hipotek yang disubsidi pemerintah membantu mempertahankan aktivitas real estate.

Beberapa pukulan terhadap perekonomian jelas terlihat, khususnya industri otomotif setelah pabrikan Barat meninggalkan bisnis mereka di Rusia. Tapi impor kendaraan China mulai mendapat tempat.

Perjalanan ke luar negeri sangat mahal dan dibatasi oleh larangan visa dan maskapai penerbangan, meskipun orang-orang kaya tetap bisa melakukan perjalanan seperti biasa dan mereka yang berpenghasilan rendah tidak mampu membiayai perjalanan tersebut.

Pendapatan Minyak Turun

Terkait tekanan terhadap rubel, Rusia, salah satu pemasok minyak terbesar di dunia, memperoleh pendapatan lebih sedikit dari penjualan minyaknya karena sanksi Barat. Hal ini mempersempit surplus perdagangan negara tersebut dengan negara-negara lain di dunia karena masyarakat dan perusahaan Rusia juga membeli lebih banyak produk dari luar negeri.

Menghasilkan lebih banyak uang dari ekspor daripada yang dibelanjakan untuk impor biasanya mendukung rubel. Meskipun surplus perdagangan yang menyusut telah menyebabkan nilai tukar mata uang terus merosot, Moskow mendapat keuntungan karena nilai tukar yang lebih lemah justru membantu pemerintah membayar tagihannya.

Hal ini karena dolar yang diperoleh dari minyak dapat ditukar dengan rubel dalam jumlah yang lebih besar untuk dibelanjakan pada lembaga pemerintah, gaji pekerja, dan pensiun.

Namun mata uang Rusia anjlok terlalu jauh dibandingkan dengan keinginan Kremlin: di bawah 100 rubel terhadap dolar AS pada 14 Agustus, sebuah level yang penting secara psikologis. Hal ini mendorong bank sentral untuk melakukan kenaikan suku bunga darurat sebesar 3,5 poin persentase yang bertujuan untuk mengurangi permintaan impor lokal.

Mata uang tersebut naik menjadi 92 terhadap dolar pada hari-hari setelah kenaikan suku bunga, tetapi terus merosot sejak saat itu; itu diperdagangkan pada 95,5 terhadap dolar pada hari Selasa (29/8).

Meskipun lebih lemah dibandingkan tahun lalu, yaitu sekitar 60 rubel per dolar AS, nilai tukar yang lebih rendah belum menjadi krisis, jika penurunan nilai tukar dapat dihindari.

Kremlin telah berupaya agar perekonomiannya bebas sanksi setelah aneksasi Semenanjung Krimea di Ukraina pada tahun 2014. Kremlin juga mengalihkan produksi pangan ke perusahaan lokal dengan melarang impor dari Uni Eropa dan mendorong produsen untuk membeli komponen secara lokal.

Dampak Jangka Panjang

Berkat pendapatan minyak, pemerintah mempunyai utang yang kecil dan cadangan yang besar, meskipun sekitar setengah dari persediaan tersebut telah dibekukan karena sanksi.

Namun, dalam jangka panjang, perekonomian Rusia menghadapi “pembakaran yang lambat” di bawah tekanan sanksi dan belanja perang Putin, kata Robin Brooks, kepala ekonom di Institute of International Finance.

“Dilemanya adalah, di satu sisi, dia harus mengeluarkan banyak uang: berperang itu sangat mahal,” kata Brooks. “Bagaimana Anda membedakan antara membutuhkan uang tunai dan menaikkan suku bunga agar gambarannya tidak lepas kendali? Menurut saya, tidak ada solusi yang baik.”

Minyak Rusia menghadapi larangan Barat dan batasan harga yang diberlakukan oleh negara-negara demokrasi Kelompok Tujuh (G-7) pada penjualan ke negara lain. G-7 dapat “membuat trade-off ini lebih sulit bagi Putin” dengan menurunkan batas harga dari US$60 menjadi US$50 per barel, sehingga mengurangi pendapatan minyak Rusia, kata Brooks.

Hal ini “akan memberikan tekanan yang lebih besar pada rubel, akan memberikan tekanan yang lebih besar pada bank sentral Rusia untuk menaikkan suku bunga, dan hal ini akan membuat pertukaran tersebut menjadi lebih sulit,” katanya.

Dalam jangka pendek, penurunan nilai rubel “bukanlah tanda bahwa Rusia akan mengalami krisis keuangan besar,” kata Chris Weafer, CEO dan analis ekonomi Rusia di perusahaan konsultan Macro Advisory Partners.

Dengan tidak adanya investasi asing dalam mata uang tersebut, Kremlin dapat mempengaruhi nilai tukar hanya dengan memberi tahu eksportir yang dikendalikan negara kapan harus menjual mata uang asing untuk rubel, kata Weafer. Selain itu, harga minyak Rusia telah meningkat baru-baru ini, sehingga mengurangi diskon yang mereka dapatkan untuk memberikan pelanggan di India dan China.

Menaikkan suku bunga untuk meningkatkan rubel “menghambat perekonomian swasta, atau bagian perekonomian yang tidak terkait dengan perang dan industri pertahanan, sehingga terdapat cukup sumber daya yang tersisa untuk melanjutkan perang,” kata Janis Kluge, seorang Pakar ekonomi Rusia di Institut Urusan Internasional dan Keamanan Jerman di Berlin.

“Ini jelas merupakan prioritas pemerintah dalam perang ini dibandingkan kesejahteraan rumah tangga,” katanya.

Dalam jangka panjang, pilihan Putin akan mengikis pertumbuhan ekonomi dan memberikan tekanan jangka panjang lebih besar pada rubel, kata Kluge. Tanpa investasi asing yang diperlukan untuk membuat barang-barang kompleks, Rusia akan memproduksi lebih sedikit kebutuhannya sendiri dan mengimpor lebih banyak.

“Dan ini berarti bahwa di masa depan, warga Rusia tidak akan mampu mendapatkan tingkat yang sama, gaya hidup yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Kluge. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home