Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 17:05 WIB | Kamis, 22 Mei 2014

El-Sisi Menang Mutlak di Luar Mesir

Jenderal Besar Abdel Fatah El-Sisi, calon terkuat pemilu presiden Mesir. (Foto: AFP)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Mantan kepala militer Abdel Fattah al-Sisi meraup 94,5 persen suara yang diberikan di luar negeri dalam pemilu kepresidenan Mesir, ungkap pejabat komisi pemilihan umum Mesir pada Rabu (21/5), lima hari sebelum pemungutan suara dibuka di negara Afrika Utara itu.

Pensiunan jenderal itu, yang meraih gelombang popularitas setelah menggulingkan Presiden Mohamed Morsi tahun lalu, secara luas diperkirakan akan memenangkan pemilu yang akan digelar 26-27 Mei.

Dalam surat suara yang diberikan di luar negeri, Sisi memenangkan dukungan dari 296.628 ekspatriat di 124 negara dalam pemungutan suara pada 15-19 Mei, tutur kepala komite pemilihan Abdel Aziz Salman dalam sebuah konferensi pers.

Hanya 17.207 suara dari total 318.033 suara mendukung satu-satunya rival Sisi, pemimpin sayap kiri sekaligus tokoh oposisi Hamdeen Sabbahni.

Pada Senin, komite pemilihan mengatakan jumlah itu lebih besar dibandingkan yang dimenangkan Morsi pada 2012.

Pemilihan tersebut terbuka untuk setiap warga negara Mesir yang berada di luar negeri, dengan syarat mereka terdaftar dan memiliki kartu identitas atau paspor yang berlaku.

Pendukung Sisi memandangnya sebagai seorang pemimpin tangguh yang mampu memulihkan keamanan dan menghidupkan kembali perekonomian yang diguncang tiga tahun kekacauan setelah pemberontakan 2011 yang menggulingkan Hosni Mubarak. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home