Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:50 WIB | Selasa, 20 Mei 2014

Pemilihan Presiden Mesir: Warga di Luar Negeri Dukung El-Sisi

Pendukung El-Sisi memberikan suara di kedutaan besar Mesir di Riyadh, Arab Saudi. (Foto: dari Al Ahram)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Kubu mantan panglima militer Abdel Fatah El-Sisi mengklaim memperoleh dukungan luar biasa dari pemilih di luar negeri dalam pemilihan presiden. Demikian dibneritakan media Mesir, Al Ahram.

Pemilihan presiden mesir di luar negeri belrangsung Kamis pekan lalu hingga Senin (19/5). Sementara untuk pemilihan di dalam negeri akan berlangsung 26-27 Mei pekan depan. Pemilihan ini diikuti dua kandidat El-Sisi dan politisi sayap kiri, Hamdeen Sabahi.

Menurut media di Mesir,  halaman facebook resmi kampanye menyebutkan bahwa El-Sisi memperoleh 97 persebn suara di Australia, 93 persen di Selandia Baru, dan China, 77 persen di Filipine, dan 91 persen di Indonesia.

Mereka menyebutkan bahwa hasil itu menunjukkan indikasi awal dukungan untuk El-Sisi. Namun hasilnya akan bergantung pada pemungutan suara di dalam negeri Mesir pekan depan. Sebab, seperti diungkapkan kementerian luar negeri Mesirt, suara itu baru meliputi sekitar 300.000 pemilih di luar negeri.

Sementara itu, kandidat saingan El-Sisi, Hamdeen Sabahi  berkampanye dengan menerbangkan laying-layang di atas sungai Nil pada Senin malam. Dalam acara yang  disebut "Ide memiliki Sayap" itu  menargetkan pemilih dari pemuda kota. Layang-layang itu membawa poster Sabahi di atas jembatan Qasr El-Nile di pusat kota Kairo.

Pekan lalu, pendukung Sabahi berkumpul untuk membentuk rantai manusia di 10 provinsi sebagai bagian dari upaya kampanye mereka,  termasuk provinsi Hulu Mesir Luxor, Terusan Suez, Ismailia dan Port Said, Delta Nil Alexandria, Qalioubiyaand Gharbiya, Laut Merah, Sinai Utara, Giza, dan Kairo.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home