Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Melki Pangaribuan 08:04 WIB | Minggu, 15 Januari 2023

Fajar/Rian Masuk Final Malaysia Open 2023

Arsip foto - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto dan Fajar Alfian ALFIAN berhadapan dengan pebulu tangkis Inggris Ben Lane dan Sean Vendy pada perempat final BWF World Championships 2022 di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, Jumat (26/8/2022). Naoki Morita/AFLO SPORT

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang melaju ke babak final Malaysia Open 2023 berkat kemenangan atas Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae di semifinal, Sabtu (14/1).

Pasangan peringkat satu dunia itu mengalahkan ganda putra asal Korea Selatan dengan dua gim langsung 21-18, 21-17 dalam pertandingan yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur.

Hasil positif tersebut sekaligus menjadi revans bagi Fajar/Rian atas Kang/Seo usai dikalahkan pada pertemuan perdana pada Korea Open 2022, seperti dilansir laman resmi BWF.

Fajar/Rian tidak bisa langsung in dalam pertandingan sehingga sempat terseok dan tertinggal pada awal gim. Meski begitu duo Indonesia tak menyerah dan terus meningkatkan konsistensi pertahanan.

Hingga akhirnya lewat jeda interval, Fajar/Rian membalikkan keadaan melalui perolehan tiga poin. Skor yang semula 13-15 diubah oleh Fajar/Rian menjadi 16-15.

Fajar/Rian semakin berani memberikan balasan kepada Kang/Seo. Duo Korea terus berusaha agresif, memberikan smes dan drive kepada Fajar/Rian.

Namun Fajar/Rian lebih siaga dan berusaha mencegat setiap pukulan dari Kang/Seo dari area depan net. Posisi tersebut menguntungkan Fajar/Rian karena mampu memutus serangan lawan secara cepat.

Alhasil wakil Indonesia mampu menyudahi tekanan dan memenangi gim pembuka dalam 21 menit.

Pola dan strategi Fajar/Rian pada gim kedua sudah semakin matang. Mereka mampu mengantisipasi hampir semua serangan Kang/Seo dan lebh sabar dalam memainkan reli sebelum mematikan lawan.

Fajar/Rian secara cepat mengunci keunggulan sejak awal gim, dengan mengamankan skor 5-4, 8-5, 11-8, hingga 16-11. Selisih lima poin membuat pola permainan Kang/Seo tak terkontrol dan tidak sabar.

Kesalahan pengembalian yang dibuat Kang/Seo terbukti menguntungkan posisi Fajar/Rian untuk sampai pada match point. Meski begitu Kang/Seo sempat memberikan perlawanan kepada Fajar/Rian dan mengejar 20-17.

Namun Skuad Merah Putih sukses mengirimkan satu wakilnya ke babak final turnamen BWF Super 1000 itu, berkat satu smes tajam yang dilayangkan Rian ke arah baseline lawan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home