Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:51 WIB | Minggu, 10 Maret 2024

Februari Catat Bulan Kesembilan Berturut-turut Rekor Suhu Terpanas Global

Seorang perempuan menuangkan air ke kepalanya saat orang-orang yang mandi menikmati hari musim panas karena suhu tinggi di pantai Agua Dulce di distrik Chorrillos di Lima, Peru, pada 25 Februari 2024. (Foto: dok. Reuters)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Bulan lalu merupakan bulan Februari terpanas yang pernah tercatat secara global, bulan kesembilan berturut-turut dengan suhu tertinggi bersejarah di seluruh dunia seiring dengan perubahan iklim yang mengarahkan dunia ke “wilayah yang belum dipetakan”, kata pemantau iklim Eropa pada hari Kamis (7/3).

Tahun lalu telah terjadi badai yang hebat, kekeringan yang menyebabkan tanaman layu, dan kebakaran yang menghancurkan, karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia – yang diperparah oleh fenomena cuaca El Nino yang terjadi secara alami – memicu pemanasan hingga mencapai tingkat terpanas dalam lebih dari 100.000 tahun.

Layanan Perubahan Iklim Copernicus (C3S) bulan lalu mengatakan periode Februari 2023 hingga Januari 2024 menandai pertama kalinya Bumi mengalami suhu 1,5 derajat Celcius lebih panas selama 12 bulan berturut-turut dibandingkan era pra industri.

Tren tersebut terus berlanjut, hal ini dikonfirmasi dalam pembaruan bulanan terbaru, dengan suhu bulan Februari secara keseluruhan lebih hangat 1,77C dibandingkan perkiraan bulanan pada tahun 1850-1900, periode referensi pra-industri.

Suhu meningkat di sebagian besar wilayah bumi pada bulan Februari, dari Siberia hingga Amerika Selatan, dan Eropa juga mencatat rekor musim dingin terpanas kedua.

Pada paruh pertama bulan ini, suhu global harian “sangat tinggi”, kata Copernicus, dengan empat hari berturut-turut mencatat rata-rata 2C lebih tinggi dibandingkan masa pra industri – hanya beberapa bulan setelah dunia mencatatkan hari pertamanya di atas batas tersebut.

Ini adalah rekor kenaikan suhu 2C terpanjang yang pernah tercatat, kata direktur C3S, Carlo Buontempo, seraya menambahkan suhu panas tersebut “luar biasa”.

Namun hal ini tidak menandai pelanggaran batas kesepakatan iklim Paris tahun 2015 yaitu “jauh di bawah” 2C dan sebaiknya 1,5C, yang diukur selama beberapa dekade.

Data langsung Copernicus dari seluruh planet ini berasal dari tahun 1940-an, namun Buontempo mengatakan bahwa dengan mempertimbangkan apa yang diketahui para ilmuwan tentang suhu historis “peradaban kita tidak pernah harus menghadapi iklim ini”.

“Dalam hal ini, saya pikir definisi wilayah yang belum dipetakan adalah tepat,” katanya kepada AFP, seraya menambahkan bahwa pemanasan global menimbulkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap “kota-kota kita, budaya kita, sistem transportasi kita, sistem energi kita”.

Suhu permukaan laut adalah yang tertinggi sepanjang sejarah bulan ini, kata Copernicus, mengalahkan suhu panas ekstrem sebelumnya yang terjadi pada Agustus 2023 dengan suhu tertinggi baru di atas 21C pada akhir bulan.

Lautan menutupi 70 persen bumi dan menjaga permukaan bumi tetap layak huni dengan menyerap 90 persen kelebihan panas yang dihasilkan oleh polusi karbon dari aktivitas manusia sejak awal era industri.

Lautan yang lebih panas berarti lebih banyak kelembapan di atmosfer, yang menyebabkan cuaca semakin tidak menentu, seperti angin kencang dan hujan deras.

Siklus El Nino, yang menghangatkan permukaan laut di Pasifik selatan dan menyebabkan cuaca lebih panas secara global, diperkirakan akan berakhir pada awal musim panas, kata Buontempo.

Dia menambahkan bahwa transisi ke fenomena pendinginan La Nina mungkin terjadi lebih cepat dari perkiraan, sehingga berpotensi mengurangi kemungkinan tahun 2024 menjadi tahun yang memecahkan rekor.

Meskipun El Nino dan dampak lainnya berperan dalam panas yang belum pernah terjadi sebelumnya, para ilmuwan menekankan bahwa emisi gas rumah kaca yang terus dipompa manusia ke atmosfer adalah penyebab utamanya.

Panel iklim IPCC PBB telah memperingatkan bahwa dunia kemungkinan akan mengalami penurunan suhu sebesar 1,5C pada awal tahun 2030-an.

Emisi yang menyebabkan pemanasan global, terutama dari pembakaran bahan bakar fosil, terus meningkat ketika para ilmuwan mengatakan bahwa emisi tersebut perlu diturunkan hingga hampir setengahnya dalam dekade ini.

Negara-negara yang ikut dalam perundingan iklim PBB di Dubai tahun lalu sepakat untuk meningkatkan kapasitas energi terbarukan global sebanyak tiga kali lipat pada dekade ini dan “beralih” dari bahan bakar fosil.

Namun perjanjian tersebut tidak memiliki rincian penting, karena pemerintah kini berada di bawah tekanan untuk memperkuat komitmen iklim mereka dalam jangka pendek dan setelah tahun 2030.

“Kami tahu apa yang harus dilakukan – berhenti menggunakan bahan bakar fosil dan menggantinya dengan sumber energi yang lebih berkelanjutan dan terbarukan,” kata Friederike Otto, dari Grantham Institute for Climate Change and the Environment, Imperial College London.

“Sebelum kita melakukan hal ini, kejadian cuaca ekstrem yang diperburuk oleh perubahan iklim akan terus menghancurkan kehidupan dan penghidupan.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home