Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:15 WIB | Sabtu, 26 Maret 2022

Finlandia Tangguhkan Layanan Kereta Api ke Rusia

Kereta Allegro berjalan di stasiun kereta api di Helsinki, Finlandia, 12 Desember 2010. (Foto: dok. Reuters)

HELSINSKI, SATUHARAPAN.COM-Operator kereta api nasional Finlandia akan menangguhkan layanan antara Helsinki dan Saint Petersburg di Rusia pada hari Senin (28/3), menutup salah satu rute transportasi umum terakhir ke Uni Eropa untuk Rusia.

Sebagai sanksi kepada Rusia, operator VR telah diarahkan oleh negara bahwa tidak layak lagi menjalankan layanan ke Saint Petersburg, yang dikenal sebagai Allegro, kata kepala lalu lintas penumpang, Topi Simola, dalam sebuah pernyataan, Jumat. “Jadi untuk sementara kami tunda lalu lintasnya,” kata Simola.

Kereta api dari Rusia ke ibu kota Finlandia, Helsinki, telah penuh dengan orang Rusia sejak invasi ke Ukraina, yang disebut Rusia sebagai "operasi khusus", dimulai dan penutupan wilayah udara bersama memutuskan koneksi penerbangan antara Rusia dan Uni Eropa.

Perbatasan antara Finlandia dan Rusia tetap terbuka untuk penyeberangan dengan mobil pribadi.

Menteri Finlandia yang bertanggung jawab atas kepemilikan negara, Tytti Tuppurainen, mengatakan kepada harian terbesar di negara itu Helsingin Sanomat bahwa salah satu alasan untuk mempertahankan layanan kereta api sampai sekarang adalah untuk memungkinkan orang Finlandia yang tinggal di Rusia untuk kembali ke Finlandia.

“Sekarang terbukti bahwa situasi telah berubah untuk (kereta api) Allegro dan kelanjutan lalu lintas Allegro tidak lagi sesuai dari sudut pandang pemilik negara,” katanya kepada surat kabar itu.

Tuppurainen tidak segera dapat dimintai komentar ketika dihubungi oleh Reuters. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home