Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 04:39 WIB | Jumat, 15 Mei 2015

Fiorentina Terhenti Semi Final Liga Europa

Jose Antonio Reyes (Sevilla, kiri) berbut bola di udara dengan Gonzalo Rodriguez (Fiorentina, kanan). (Foto: uefa.com).

FIRENZE, SATUHARAPAN.COM – Fiorentina gagal melangkah kaki ke final Liga Europa musim 2014-2015 akibat dipecundangi tamunya Sevilla dengan 0-2 pada pertandingan yang berlangsung Jumat (15/5) dini hari WIB di Stadion Artemio Franchi, Firenze, Italia.

Secara agregat, Fiorentina kalah telak 0-5 dari wakil Spanyol tersebut karena pekan lalu saat pertandingan dilangsungkan di kandang lawan, Sevilla unggul 3-0 atas Fiorentina.

Sevilla akan menghadapi wakil Ukraina, Dnipro Dnipropetrovsk pada partai final, karena di saat bersamaan di semi final lainnya, Dnipro berhasil mengandaskan wakil Italia lainnya, Napoli dengan kemenangan 1-0. Secara agregat Dnipro unggul 2-1 atas Napoli.

Sejak awal pertandingan Fiorentina kesulitan membongkar pertahanan tim tamu, walau menurut catatan statistik uefa.com salah satu tim Italia di Liga Europa ini unggul penguasaan bola dengan 56 berbanding 44 persen.  Sevilla malah sebaliknya, walau tidak terlalu banyak menghasilkan peluang berbahaya ke gawang tuan rumah mereka mencuri keunggulan gol menit ke-22. Keunggulan tersebut tercipta setelah penyerang Sevilla, Carlos Bacca bekerja sama dengan rekannya Ever Banega mengumpan bola, Banega bergerak dari tengah lapangan menggiring bola tetapi gagal melewati hadangan gelandang Fiorentina, Matias Fernandez, akibatnya terjadi tendangan bebas bagi Sevilla. Bola hasil eksekusi tenndagan bebas Banega tepat disundul oleh Carlos Bacca dan pendukung tuan rumah terdiam dengan gol tersebut.

Fiorentina tidak bermain tenang di babak pertama karena setelah gol terjadi beberapa pelanggaran keras dilakukan oleh tim yang dilatih Vicenzo Montella itu seperti di menit ke-26 saat Mohammed Salah mendapat kartu kuning mengganjal pemain Sevilla, Roberto Coke yang sedang menguasai bola.

Gol kedua tim tamu terjadi menit ke-28 lewat aksi Daniel Carrico yang memanfaatkan kelengahan kiper tuan rumah, Norberto Neto, yang gagal menangkap bola yang ditendang gelandang Sevilla, Roberto Coke.

Efektivitas serangan Sevilla nyaris membuahkan gol ketiga di menit ke-44, bola sodoran Ever Banega dari sisi kanan penyerangan Sevilla mendarat di kaki Roberto Coke namun tendangan Coke menyamping di sisi kanan tiang gawang tuan rumah.

Fiorentina menyia-nyiakan peluang memperkecil kekalahan menit ke-66 setelah mendapat hadiah penalti, bola yang dieksekusi Sasa Ilicic gagal menjadi gol karena membentur mistar gawang dan arahnya ke arah tribun penonton.

Penalti diberi ke Fiorentina oleh wasit akibat penyerang Fiorentina, David Pizzaro dijatuhkan di kotak penalti saat menggiring bola oleh bek Sevilla, Grygrorosz Krychowiak.

Mohammed Salah mencoba keberuntungan melepaskan tendangan ke gawang Sevilla di menit ke-80 guna mengejar ketinggalan kedudukan, akan tetapi bola masih dapat digagalkan kiper tim tamu, Sergio Rico.    

Hingga pertandingan selesai kedudukan 0-2 bagi keunggulan Sevilla, secara agregat Fiorentina kalah 0-5 dari Sevilla.

Susunan Pemain:

Fiorentina: Neto, Jerome Alonso, Rodrigo Basanta, Gonzalo Rodriguez, Stefan Savic, Borja Valero, David Pizarro, Matias Fernandez, Mohammed Salah, Sasa Ilicic, Joaquin Sanchez.

Sevilla: Sergio Rico, Coke, Daniel Carrico, Timothee Kolodziejczak, Benoit Tremoulinas, Stephane Mbia, Grygrorosz Krychowiak, Aleix Vidal, Ever Banega, Vitolo, Carlos Bacca. (uefa.com/soccerway.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home