Loading...
INDONESIA
Penulis: Dany Brakha 23:03 WIB | Kamis, 08 Agustus 2013

Gempa 5,5 SR Dirasakan Sampai Yogyakarta

Foto: geospasial.bnpb.go.id/pantauanbencana/
YOGYAKARTA, SATUHARAPAN. COM - Tadi sore sekitar pukul 17.45 WIB (8/8) Yogyakarta kembali merasakan guncangan gempa berkekuatan 5,5 skala richter.
 
Berdasarkan laporan geospasial.bnpb.go.id, pusat gempa tersebut berada di 93 km barat daya Pacitan, Jawa Timur. Senada dengan itu United States Geological Survey (USGS) memberikan keterangan bahwa gempa yang terjadi di Samudera Hindia itu berada pada kedalaman 9,70 km.
 
Selain Yogyakarta, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), getaran yang terasa di daerah Wonosari, Klaten, Karang Kates berada pada skala Modified Mercally Intensity (MMI) II dan III. Getaran dapat dirasakan oleh manusia, benda- benda ringan yang digantung bergoyang, seolah ada truk yang melintas.
 
Seperti yang diungkapkan seorang warga Yogyakarta, Thea, gempa tersebut cukup mengagetkan dan membuatnya terbangun dari tidur. “Lampune goyang-goyang (lampunya bergoyang),” ungkap dia pada kepada Satuharapan.com.
 
Sedangkan daerah Blitar masuk skala III-IV MMI, berpotensi menyebabkan benda-benda pecah dan menilbulkan suara berderik. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa maupun, kerugian meteri maupun peringatan potensi terjadinya tsunami di laut selatan Yogyakarta.
 
Seperti yang dilansir satuharapan.com, ini adalah gempa ketiga yang terjadi di bulan Juli setelah dua gempa sebelumnya di Indonesia Timur (5/8).
 

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home