Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:04 WIB | Jumat, 02 September 2016

Gempa 7,1 SR Guncang Selandia Baru

Pantai Gisborne, Selandia Baru. (Foto: Ist)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM - Sebuah gempa  berkekuatan 7,1 Skala Richter mengguncang Selandia Baru pada Jumat (2/9) pagi,  menurut badan geological Amerika Serikat, seperti dikutip AFP. Namun sejauh ini tidak ada peringatan kemungkinan terjadinya tsunami.

Namun menurut situs berita Selandia Baru, National, ada peringatan tsunami, namun dibatalkan karena gelombang pantai yang dipantau hanya setinggi 30 cenimeter, seperti di lepas pantai Gisborne.

Dilaporkan juga terjadi 100 gempa susulan hingga tengah hari dan getarannya terasa di East Cape, Pulau Utara East Cape.

Gempa  itu dirasakan dari Northland sampai ke  kota Wellington di Pulau Utara, dan di utara Pulau Selatan. Laporan lain menyebutkan gempa dirasakan di Gisborne dan Bay of Plenty.

Gempa dangkal  ini diperkirakan pada kedalaman sekitar 30 kilometer di lepas pantai Pulau Utara  negara itu, atau sekitar 167 kilometer dari Gisborne, menurut badan tersebut.

Menurut Pacific Tsunami Warning Center tidaik dikeluarkan peringatan tsunami setelah gempa, dan belum ada laporan tentang keursakan yang diakibatkan.

Selandia Baru berada pada batas lempeng tektonik Australia dan Pasifik  yang merupakan bagian dari apa yang disebut sebagai "Ring of Fire." Di wilayah itu sejauh ini sekitar 15.000 gempa terjadi setiap tahun.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home