Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 15:15 WIB | Kamis, 17 September 2015

Gempa 8,3 Skala Richter Guncang Cile

Warga Santiago, ibu kota Cile, berhamburan keluar rumah ketika gempa bumi berkekuatan 8,3 skala richter melanda pada hari Rabu (16/9) pagi. (Foto: AFP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Gempa dengan kekuatan 8,3 skala richter menghantam Cile, Rabu (16/9) pukul 07:54 waktu setempat. Media setempat, seperti dikutip nhk.or.jp, melaporkan setidaknya empat orang tewas di kota Illapel dan kota lainnya, sementara 16 lainnya terluka. The Guardian melaporkan lima orang tewas, dan satu juta orang dievakuasi dari rumah dan gedung perkantoran di perkotaan. 

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii menyatakan gelombang tsunami setinggi 4,6 meter tampak di sepanjang pantai Cile. Gelombang tsunami terpantau di Kota Coquimbo 53 menit pascagempa dan tiga menit kemudian gelombang setinggi 1,6 meter mencapai Valparaiso.

Pusat Peringatan Tsunami juga memperkirakan gelombang setinggi satu hingga tiga meter akan sampai ke Polinesia Prancis di Pasifik Selatan. Selain itu gelombang setinggi 30 sentimeter hingga satu meter kemungkinan akan menerpa kawasan Pasifik, termasuk Peru, Ekuador, dan Jepang.

Pusat gempa dilaporkan berada di 233 kilometer barat daya dari ibu kota Santiago. Badan Survei Geologi AS memperkirakan gempa berada di kedalaman 25 kilometer.

The Guardian melaporkan gempa terasa di Buenos Aires, ibu kota Argentina, negara tetangga, yang berjarak 1.100 km. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home