Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:54 WIB | Rabu, 03 April 2024

Gempa Bumi Kuat 7,2 Melanda Taiwan, Sejumlah Bangunan Runtuh

Gempa Bumi Kuat 7,2 Melanda Taiwan, Sejumlah Bangunan Runtuh
Foto yang diambil dari rekaman video yang ditayangkan oleh TVBS, terlihat bangunan yang sebagian runtuh di Hualien, Taiwan timur, hari Rabu, 3 April 2024. (Foto-foto: TVBS via AP)
Gempa Bumi Kuat 7,2 Melanda Taiwan, Sejumlah Bangunan Runtuh
Bangunan yang sebagian runtuh di Hualien, Taiwan timur, 3 April 2024.
Gempa Bumi Kuat 7,2 Melanda Taiwan, Sejumlah Bangunan Runtuh
Seorang pria memeriksa sebagian bangunan yang runtuh di Hualien, Taiwan timur, 3 April 2024.

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi terkuat mengguncang Taiwan dalam seperempat abad pada jam sibuk pagi hari Rabu (3/4), merusak bangunan dan jalan raya serta menyebabkan tujuh orang tewas.

Di ibu kota, Taipei, ubin berjatuhan dari gedung-gedung tua saat gempa mengguncang kota tersebut, dan sekolah-sekolah mengevakuasi siswanya ke lapangan olah raga, dan memperlengkapi mereka dengan helm pengaman berwarna kuning.

Beberapa anak menutupi diri mereka dengan buku pelajaran untuk melindungi diri dari benda jatuh saat gempa susulan terus terjadi. Setelah itu, sebuah bangunan lima lantai di Kabupaten Hualien, dekat pusat gempa lepas pantai, jatuh dan miring pada sudut 45 derajat, dan lantai pertamanya runtuh.

Badan pemadam kebakaran nasional Taiwan mengatakan tujuh orang tewas dalam gempa yang terjadi sebelum pukul 08:00 pagi. United Daily News melaporkan tiga pejalan kaki tewas akibat tanah longsor di Taman Nasional Taroko dan seorang sopir van tewas di daerah yang sama setelah batu besar menghantam kendaraan tersebut.

Statistik pemerintah menunjukkan 736 orang terluka dan 77 orang terdampar. Gempa dan gempa susulan tersebut juga menyebabkan 24 kali tanah longsor dan kerusakan 35 jalan, jembatan, dan terowongan.

Badan pemantau gempa Taiwan mengatakan gempa tersebut berkekuatan 7,2 skala Richter, sedangkan Survei Geologi AS (USGS) menyebutkan gempa berkekuatan 7,4 skala Richter. Bencana ini melanda sekitar 18 kilometer (11,1 mil) selatan-barat daya Hualien dan kedalamannya sekitar 35 kilometer (21 mil).

Beberapa gempa susulan terjadi setelahnya, dan USGS mengatakan salah satu gempa berikutnya berkekuatan 6,5 skala Richter dan kedalaman 11,8 kilometer (7 mil). Gempa yang lebih dangkal cenderung menyebabkan lebih banyak kerusakan permukaan. Gempa tersebut memicu peringatan tsunami yang kemudian dicabut.

Pihak berwenang mengatakan mereka memperkirakan gempa yang relatif ringan berkekuatan 4 skala Richter dan oleh karena itu tidak mengirimkan peringatan. Meski begitu, gempa yang terjadi cukup kuat sehingga membuat takut orang-orang yang terbiasa dengan guncangan tersebut.

“Gempa bumi adalah kejadian biasa dan saya sudah terbiasa dengan hal tersebut. Tapi hari ini pertama kalinya saya takut sampai menangis karena gempa bumi,” kata Hsien-hsuen Keng, warga yang tinggal di apartemen lantai lima di Taipei. “Saya terbangun karena gempa. Saya belum pernah merasakan guncangan sekuat ini sebelumnya.”

Tayangan televisi menunjukkan para tetangga dan petugas penyelamat mengangkat warga, termasuk balita, melalui jendela dan ke jalan. Semua tampak bergerak, syok namun tanpa cedera serius. Pintu-pintu telah tertutup rapat karena tekanan kemiringan.

Gedung badan legislatif nasional, sebuah sekolah yang diubah fungsinya yang dibangun sebelum Perang Dunia II, dan beberapa bagian bandara utama di Taoyuan, tepat di selatan Taipei, juga mengalami kerusakan ringan.

Lalu lintas di sepanjang pantai timur hampir terhenti setelah gempa bumi, dengan tanah longsor dan puing-puing yang berjatuhan menghantam terowongan dan jalan raya di wilayah pegunungan. Layanan kereta api dihentikan di seluruh pulau berpenduduk 23 juta orang, begitu pula layanan kereta bawah tanah di ibu kota, Taipei, di mana jalur atas tanah yang baru dibangun sebagian terpisah.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan gelombang tsunami setinggi 30 Centimeter (sekitar satu kaki) terdeteksi di pantai pulau Yonaguni sekitar 15 menit setelah gempa terjadi. Gelombang yang lebih kecil diukur di pulau Ishigaki dan Miyako.

Gempa tersebut dirasakan di Shanghai dan beberapa provinsi di sepanjang pantai tenggara China, menurut media China. China dan Taiwan berjarak sekitar 160 kilometer (100 mil). China tidak mengeluarkan peringatan tsunami di daratan China dan semua peringatan serupa di wilayah tersebut telah dicabut pada Rabu (3/4) sore.

Kepanikan awal setelah gempa dengan cepat memudar di pulau tersebut, yang sering diguncang oleh gempa dan bersiap menghadapinya dengan latihan di sekolah-sekolah dan pemberitahuan yang dikeluarkan melalui media publik dan telepon seluler.

Pada siang hari, stasiun metro di Beitou, pinggiran utara Taipei, kembali ramai dengan orang-orang yang berangkat kerja dan para lansia yang datang untuk mengunjungi sumber air panas atau menjelajahi jalur pegunungan di kaki gunung berapi yang sudah punah.

Stephen Gao, ahli seismologi dan profesor di Universitas Sains dan Teknologi Missouri, mengatakan kesiapsiagaan gempa Taiwan termasuk yang paling maju di dunia, dengan peraturan bangunan yang ketat, jaringan seismologi kelas dunia, dan kampanye pendidikan publik yang luas mengenai keselamatan gempa.

Hualien terakhir kali dilanda gempa mematikan pada tahun 2018 yang meruntuhkan sebuah hotel bersejarah dan bangunan lainnya. Gempa terburuk di Taiwan dalam beberapa tahun terakhir terjadi pada 21 September 1999, dengan kekuatan 7,7 skala Richter, menyebabkan 2.400 kematian, melukai sekitar 100.000 orang, dan menghancurkan ribuan bangunan.

Taiwan terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, yaitu garis patahan seismik yang mengelilingi Samudera Pasifik, tempat terjadinya sebagian besar gempa bumi di dunia.

Dampak ekonomi dari gempa tersebut belum dapat dihitung, namun Taiwan adalah produsen terkemuka chip komputer tercanggih di dunia dan barang-barang teknologi tinggi lainnya yang sangat sensitif terhadap peristiwa seismik. Sebagian jaringan listrik juga terputus, yang kemungkinan menyebabkan gangguan pada rantai pasokan dan kerugian finansial.

Produsen chip Taiwan TSMC, yang memasok semikonduktor ke perusahaan seperti Apple, mengatakan pihaknya mengevakuasi karyawannya dari beberapa pabriknya di Hsinchu, barat daya Taipei. Pihak berwenang Hsinchu mengatakan pasokan air dan listrik untuk semua pabrik di taman sains kota tersebut berfungsi seperti biasa.

Bursa saham Taiwan dibuka seperti biasa pada hari Rabu (3/4), dengan indeks bimbang antara naik dan turun. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home