Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:45 WIB | Sabtu, 11 Februari 2017

Gempa Kuat Guncang Filipina Selatan

Sebuah hotel di kota Surigao hancur usai gempa 6,5 SR pada Jumat (10/2) malam. (Foto: AFP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM - Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) mengguncang Filipina selatan pada Jumat (10/2), menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 126 lainnya.

Gempa membuat para warga melarikan diri dari rumah mereka, merobohkan tiang listrik dan menyebabkan sedikitnya satu bangunan runtuh.

Menurut Associated Press, pejabat penanggulangan bencana provinsi mengeluarkan pernyataan resmi bahwa sedikitnya empat orang tewas tertimpa puing-puing dan sedikitnya 126 lainnya luka-luka di kota Surigao.

Gempa dahsyat terjadi pada kedalaman 27 kilometer di Mindanao, lebih dari 700 kilometer tenggara ibu kota Manila, kata Survei Geologi Amerika Serikat (AS).

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kantor seismologi Filipina mengatakan gempa tersebut berkekuatan 6,7 SR dengan pusat gempa terletak 14 kilometer sebelah utara dari Kota Surigao, Filipina selatan.

"Ada banyak retakan di tanah. Beberapa jembatan juga mengalami keretakan," kata Daphane Agonia, kepala seismologi yang berbasis di Surigao.

Gempa susulan juga mengguncang kota itu, tambahnya.

Filipina terletak di Cincin Api, sebuah wilayah di Samudra Pasifik yang sering diguncang gempa dan erupsi gunung berapi. (AFP)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home