Loading...
HAM
Penulis: Equivalent Pangasi 17:47 WIB | Rabu, 28 Mei 2014

Gereja AS Serukan Perdamaian Timur Tengah dan Sudan Selatan

Pada Pertemuan Persatuan Umat Kristen pada 18-20 Mei 2014, NCCUSA menyerukan perdamaian di Timur Tengah dan Sudan Selatan. (Foto: NCCUSA)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Dewan Gereja Kristus Nasional Amerika Serikat (NCCUSA) menyerukan pentingnya perlindungan hak asasi manusia, perdamaian, dan keamanan di Timur Tengah dan Sudan Selatan. Seruan tersebut disampaikan pada Pertemuan Persatuan Umat Kristen pertama yang diadakan NCCUSA sejak 18 hingga 20 Mei di Washington, D.C.

Ketika NCCUSA yang mewakili gereja-gereja anggota Dewan Gereja Dunia (WCC) menunjukkan solidaritasnya dengan semua komunitas yang terdampak kekerasan. Lembaga tersebut menyatakan, “Kami sangat sedih melihat kekerasan yang berdampak pada saudari dan saudara kami di persekutuan umat Kristen di seluruh dunia.”

Menyampaikan keprihatinannya atas berbagai konflik di Timur Tengah, NCCUSA mengatakan, “Sementara kehadiran kualitatif persekutuan umat Kristen kuat, karena mereka memenuhi pelayanan mereka, menawarkan program sosial, merawat hubungan lintas iman, dan mendukung usaha menciptakan perdamaian, mereka tetap terdampak oleh konflik itu.”

“Sebab itu kami tetap teguh dalam solidaritas kami,” NCCUSA menegaskan.

Secara khusus menujukan kepada Israel dan Palestina, NCCUSA berseru agar “pihak-pihak terkait di dalam maupun di luar Israel dan Palestina agar terlibat secara serius, meskipun terjadi kemunduran, untuk mengusahakan kesepakatan perdamaian antara Israel dan Palestina.”

Berbicara tentang Suriah dan Mesir, NCCUSA mendesak pihak-pihak terkait untuk mengakhiri konflik dan mendorong gereja-gereja untuk terus berdoa, mendorong, dan bekarya bagi perdamaian.

Di pernyataan lainnya, NCCUSA mengatakan Sudan Selatan berada di antara kejahatan terhadap kemanusiaan, kekejaman massal, dan munculnya tanda-tanda pringatan genosida.

“Pada saat-saat krisis seperti yang sedang dialami Sudan Selatan, suara kolektif persekutuan yang tergabung dalam NCC sudah jelas dan kuat dalam untuk menyerukan kebijakan dan aksi untuk mencegah kekerasan, menghentikan permusuhan yang terjadi, dan mendorong rekonsiliasi sebagai sarana transformasi konflik dan mengubah ketidakadilan menjadi keadilan dan perdamaian,” kata NCCUSA dalam sebuah pernyataan.

Dalam usaha untuk mendorong terjadinya perdamaian, NCCUSA bersama anggota-anggotanya memperkukuh solidaritasnya dengan mitra organisasinya, termasuk WCC, Pelayanan Gereja Dunia (CWS), Dewan Gereja Sudan Selatan, Aliansi Baptis Dunia, dan Persatuan untuk Mengakhiri Genosida. (oikoumene.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home