Loading...
DUNIA
Penulis: Ignatius Dwiana 05:33 WIB | Senin, 07 Juli 2014

Gereja Khaldea Bantu Pengungsi Muslim Selama Ramadan

Warga Irak duduk di luar gereja Keluarga Kudus di utara Kirkuk setelah ledakan bom mobil melukai sedikitnya 20 orang pada 2011. (Foto: AFP/Getty Images)

KIRKUK IRAK, SATUHARAPAN.COM – Gereja Khaldea di Kirkuk  terlibat dalam membantu pengungsi, terutama Muslim, lari dari Mosul dan desa-desa yang berada di bawah kendali pemberontak Sunni di utara Irak.

Semua sumber daya ekonomi Gereja Khaldea dikerahkan untuk membagikan paket makanan harian kepada lebih dari 500 keluarga pengungsi yang menempati sejumlah masjid-masjid, sekolah, pusat olahraga dan hostel. Seperti dilaporkan pada Sabtu (5/7).

Kurang dari 50 keluarga Kristen telah tiba di Kirkuk setelah serangan para jihadis Negara Islam Irak dan Levant (ISIL). Dalam beberapa hari mendatang masyarakat Khaldea di Kirkuk harus mulai inisiatif baru yang dirancang untuk membagikan AC pada keluarga-keluarga yang tinggal berdesakan dalam ruang yang sempit dan meredam panas terik yang terus menerus.

Sejak 9 Juni, Kirkuk berada di bawah kendali penuh dari milisi Peshmerga Kurdi. Tentara Kurdi telah mengorganisir dua baris pertahanan di sekitar kota sejauh ini untuk mencegah serangan militer dan serangan jihadis di  Irak utara. Kota ini bahkan tidak bermasalah dengan pasokan air dan energi seperti yang melanda desa di Mosul dan dataran Nineweh. (fides.org)

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home