Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 17:38 WIB | Selasa, 24 Februari 2015

Gereja Sesali Gagalnya Forum Perlucutan Senjata

Masyarakat di seluruh dunia, termasuk gereja, mendorong terjadinya perlucutan senjata nuklir. (Foto: oikoumene.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – “Rekor pemerintah memproduksi senjata membuat dunia sangat membutuhkan forum negosiasi multilateral yang didedikasikan untuk perlucutan senjata,” kata Peter Prove, direktur Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) Komisi Gereja Urusan Internasional (Commission of the Churches on International Affairs/CCIA).

“Harusnya di sini di Jenewa. Sebab itu disebutkan di Konferensi PBB tentang Perlucutan Senjata (Conference on Disarmament/CD) dan baru saja mencoba —untuk tahun ke-18 berturut-turut—untuk menyetujui program kerja. Hal ini telah gagal lagi, spektakuler,” kata Prove, Selasa (24/2) mengikuti kegagalan konferensi itu di awal sesi 2015 dalam upaya bersama untuk menyepakati kerja tahun ini, partisipasi masyarakat sipil, memperluas keanggotaan, dan memperbaiki disfungsi kronis CD.

CD yang berbasis di Jenewa satu-satunya forum negosiasi pelucutan senjata multilateral permanen di dunia. Didirikan pada 1979 sebagai respons terlambat bagi umat berisiko tinggi senjata nuklir Perang Dingin. Keberhasilan CD termasuk perjanjian 1996 yang melarang semua uji coba nuklir adalah prestasi terakhir sampai saat ini.

Mengundang partisipasi masyarakat sipil adalah perubahan panjang yang selalu tertunda pada CD yang langsung relevan dengan gereja. Semua organisasi masyarakat sipil, termasuk WCC, dikecualikan dari CD. Presiden CD, Duta Besar Jorge Lomónaco  Meksiko, menghadirkan tiga konsep pada topik awal sesi. Banyak negara telah berbicara  untuk mendukung perubahan selama bertahun-tahun, namun hal ini jarang mendekati keputusan. Pada akhirnya, Inggris keberatan, yang setiap negara dapat melakukan dan dengan demikian menyangkal konsensus diperlukan.

“Kekalahan datang lagi di tangan sembilan negara bersenjata nuklir yang tindakannya mendukung status quo tidak stabil bukannya negosiasi keamanan bagi semua orang,” kata Jonathan Frerichs, eksekutif Program WCC untuk membangun perdamaian dan perlucutan senjata.

“Satu-satunya tanda kemajuan tahun ini adalah bahwa kasus untuk memperbaiki CD dibuat cukup baik bahwa salah satu kekuatan nuklir harus menunjukkan tangan mereka dan benar-benar memblokir reformasi,” ia menambahkan.

Tugas Duta Besar Meksiko berakhir bulan ini terkait presiden CD yang dijabat bergiliran dengan pertanyaan yang katanya hanya negara dengan kekuatan nuklir yang dapat menjawab: Mereka yang tidak berkeinginan untuk bernegosiasi (sekitar senjata nuklir) sedikit, katanya. Apa yang harus kita semua lakukan sampai akhirnya itu kemauan politik muncul?

Salah satu jawabannya adalah jelas di luar CD. Dengan dukungan masyarakat sipil yang kuat, termasuk dukungan dari gereja-gereja, mayoritas negara sedang membangun di sekitar kebutuhan untuk melarang senjata nuklir atas dasar kemanusiaan, dengan atau tanpa negara bersenjata nuklir. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home