Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 00:24 WIB | Jumat, 05 September 2014

Gerindra Siap Usung Risma di Pilwalkot Surabaya 2014

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat akan beranjak pulang ke Surabaya setelah menemui Menteri Sosial meminta dukungan untuk rehabilitasi PSK Dolly. Risma sempat berpamitan dengan sejumlah awak media dari dalam mobilnya. (Foto: Dedy Istanto)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Surabaya, B.F. Sutadi mengatakan siap mengusung Tri Rismaharini sebagai calon wali kota pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Surabaya 2015.

Menurut Sutadi, Risma merupakan aset kota yang kompeten, jujur, dan sederhana.

"Melihat itu, Gerindra siap mengusung beliau. Tapi kita perlu koalisi dengan partai lain," kata Sutadi kepada wartawan di DPRD Surabaya, Kamis (4/9).

Menurut dia, dengan perolehan 6 kursi di legislatif, Gerindra memang harus berkoalisi dengan partai lain.

Sutadi mengatakan Gerindra berpeluang menggandeng Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengajukan nama Risma. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, Gerindra bersama Koalisi Merah Putih mengajukan setidaknya dua nama calon wali kota.

"Kalau koalisi ada 25 kursi, setidaknya bisa mengajukan 2 calon," kata Sutadi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Bidang Internal Kehormatan PDIP Jawa Timur, Bambang Dwi Hartono mengisyarakatkan bahwa partai berlambang banteng kemungkinan tidak mengusung Risma dalam Pilwalkot Surabaya 2015. Bambang, yang juga bekas wakil Risma, menilai wali kota perempuan pertama di Surabaya itu sulit diajak koordinasi.

Belum Ditawarkan

Meski demikian hingga saat ini Partai Gerindra belum membicarakan terkait Pilwalkot Surabaya 2015. Sutadi pun mengaku belum menawarkan opsi tersebut kepada Risma.

Ia sendiri masih akan menunggu kepastian PDIP tidak lagi mengusung Risma. Menurut dia, semua kemungkinan selalu ada.

Bisa jadi, PDIP mencalonkan nama Wisnu Sakti Buana untuk menjadi Wali Kota Surabaya atau tetap berpasangan dengan Risma.

"Yang jelas, Gerindra tidak ingin mengambil langkah yang menyinggung PDIP dan Risma," kata dia.

Sutadi memperkirakan calon-calon baru akan bermunculan beberapa bulan sebelum pemilihan, setidaknya di awal Januari 2015.

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, Ketua Fraksi PKS, Akhmad Suyanto menyatakan kesiapannya untuk mengusung Tri Rismaharini di Pilwalkot Surabaya 2015, jika PDIP enggan mencalonkannya.

"Kita welcome saja. Bu Risma masih layak jual. Apalagi keberhasilannya membangun Surabaya tidak diragukan lagi," tutur dia. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home