Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 10:51 WIB | Selasa, 19 Januari 2016

Gitaris Eagles Glenn Frey Tutup Usia

Glenn Frey. (Foto: m.washingtontimes.com)

NEW YORK CITY, SATUHARAPAN.COM – Gitaris, penyanyi, sekaligus pendiri band Eagles, Glenn Frey, rocker Amerika yang bandnya mendominasi tangga lagu-lagu sepanjang 1970-an dengan lagu-lagu seperti Hotel California, tutup usia pada Senin (18/1), demikian dinyatakan grup band Eagles dalam situs resminya.

“Dengan kepedihan mendalam kami mengumumkan meninggalnya rekan seperjuangan kami, pendiri Eagles, Glenn Frey, di New York City pada Senin,” kata grup band, seperti dikutip AFP.

Frey, 67 tahun, meninggal akibat komplikasi rheumatoid arthritis, ulcerative colitis (radang usus besar), dan pneumonia, Eagles menjelaskan.

“Kami semua masih terkejut, tidak percaya dan sangat sedih,” kata personel Eagles, Don Henley, dalam sebuah pesan surel yang mengumumkan kematian Frey.

Sebelumnya, Eagles, menurut Washington Post, menunda hingga satu tahun untuk menerima penghargaan bergengsi Kennedy Center Lifetime Artistic Achievement yang sedianya diserahkan pada 6 Desember karena kondisi kesehatan Frey.

Frey bersama Don Henley, seperti dikutip dari ktla.com, membentuk grup band rock itu pada awal 1970-an di Los Angeles. Selain kedua orang itu, anggota Eagles asli lainnya adalah Randy Meisner, Bernie Leadon, dan Linda Ronstadt. Eagles menelurkan karya-karya terbaik, di antaranya Best of My Love, Lyin’ Eyes, dan One of These Nights, lagu-lagu yang menemani remaja generasi 1970-an dalam menjalani kedewasaannya. 

Sepanjang perjalanan karier, grup band itu sudah mengantongi enam Penghargaan Grammy, termasuk untuk Hotel California yang meraih penghargaan kategori Rekaman Terbaik. Grup band itu masuk Rock and Roll Hall of Fame pada 1998.

“Beristirahatlah dalam damai, Saudaraku,” kata Henley, yang menyebut Frey bagian dari kehidupannya.

Ungkapan duka cita juga disampaikan pemusik Carol King, Huey Lewis, dan Travis Tritt, melalui akun Twitter.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home