Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:50 WIB | Jumat, 06 Agustus 2021

Greenville, Sebuah Kota Yang Habis Dilalap Api

Greenville, Sebuah Kota Yang Habis Dilalap Api
Rumah dan mobil dihancurkan oleh jalur Dixie Fire di pusat Greenville pada hari Kamis, 5 Agustus 2021, di Plumas County, California (Foto-foto: AP/Noah Berger)
Greenville, Sebuah Kota Yang Habis Dilalap Api
Petugas pemadam kebakaran Distrik Sonoma Utara, Erik Padilla, kiri, dan Joe Young memadamkan titik api sambil melindungi rumah Lake Almanor West dari Kebakaran Dixie pada hari Kamis, 5 Agustus 2021, di Plumas County, California. Mereka bekerja di Stasiun Pemadam Kebakaran Geyserville.
Greenville, Sebuah Kota Yang Habis Dilalap Api
Sebuah tenda gereja berdiri di antara bangunan yang hancur oleh Kebakaran Dixie di Greenville pada Kamis, 5 Agustus 2021, di Plumas County, California.
Greenville, Sebuah Kota Yang Habis Dilalap Api
Api dari Dixie Fire menghanguskan sebuah rumah di Highway 89 selatan Greenville pada Kamis, 5 Agustus 2021, di Plumas County, California.

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM-Eva Gorman mengatakan kota kecil pegunungan California, Greenville, adalah tempat komunitas dengan karakter yang kuat, di mana tetangga berbaur secara sukarela memindahkan furnitur, keranjang bunga berwarna-warni menerangi Main Street, jadi penulis, musisi , mekanik dan peternak ayam. Namun sekarang kota itu telah menjadi abu.

Saat cuaca panas, kering, dan berangin melanda California, kebakaran hutan terbesar di negara bagian saat ini berkobar di komunitas Sierra Nevada di era Gold Rush yang berjumlah sekitar 1.000 orang, membakar sebagian besar pusat kota yang mencakup bangunan kayu berusia lebih dari satu abad.

Angin diperkirakan akan tenang dan berubah arah menuju akhir pekan, tetapi kabar baik itu datang terlambat bagi Gorman. “Ini benar-benar menghancurkan. Kami telah kehilangan rumah kami, bisnis saya, seluruh area pusat kota kami hilang,” kata Gorman. Dia mengindahkan peringatan evakuasi dan meninggalkan kota bersama suaminya satu setengah pekan yang lalu ketika kebakaran yang disebut sebagai Dixie Fire mendekat.

Dia berhasil mengambil beberapa foto dari dinding, perhiasan favoritnya, dan dokumen penting, tetapi mau tidak mau memikirkan harta keluarga yang ditinggalkan.

“Kursi ruang makan nenek saya, tempat tidur bibi buyut saya dari Italia. Ada foto yang terus saya visualisasikan di benak saya tentang putra saya ketika dia berusia dua tahun. Dia berusia 37 tahun sekarang,” katanya

Para pejabat belum menilai jumlah bangunan yang hancur, tetapi Sheriff Distrik Plumas, Todd Johns, memperkirakan pada hari Kamis (5/8) bahwa "lebih dari" 100 rumah telah terbakar di dalam dan dekat kota. “Hati saya hancur oleh apa yang telah terjadi di sana,” kata Johns, seorang penduduk Greenville seumur hidup.

Sekitar dua jam perjalanan ke selatan, para pejabat mengatakan sekitar 100 rumah dan bangunan lain terbakar dalam kebakaran yang bergerak cepat yang terjadi Rabu di dekat Colfax, sebuah kota berpenduduk sekitar 2.000 orang. Tidak ada penahanan dan sekitar 6.000 orang diperintahkan untuk mengungsi di distrik Placer dan Nevada, kata pejabat pemadam kebakaran negara bagian.

1.000 Rumah Terancam

Dixie Fire yang terjadi dalam tiga pekan adalah salah satu dari 100 kebakaran besar dan aktif yang membakar di 14 negara bagian, sebagian besar di Barat di mana kekeringan bersejarah telah membuat tanah kering dan siap untuk dilalap api.

Dixie Fire telah menghabiskan sekitar 565 mil persegi (1.464 kilometer persegi), area yang lebih besar dari ukuran Los Angeles. Penyebabnya sedang diselidiki, tetapi Pacific Gas & Electric mengatakan itu mungkin dipicu ketika pohon tumbang di salah satu saluran listrik utilitas.

Api meledak pada hari Rabu dan Kamis melalui kayu, rumput, dan semak-semak yang sangat kering sehingga seorang petugas pemadam kebakaran menggambarkannya sebagai "pada dasarnya hampir terbakar." Lusinan rumah telah terbakar sebelum api membuat api baru.

Tidak ada kematian atau cedera yang dilaporkan tetapi api terus mengancam lebih dari 10.000 rumah.

Pada hari Kamis, cuaca dan awan asap yang menjulang tinggi yang dihasilkan oleh angin kencang dan tidak menentu membuat petugas pemadam kebakaran berjuang untuk menempatkan petugas pemadam kebakaran di titik-titik panas yang berpindah-pindah.

“Ini mendatangkan malapetaka. Angin mengubah arah kami setiap beberapa jam,” kata Kapten Sergio Arellano, juru bicara pemadam kebakaran.

“Kami melihat perilaku kebakaran yang benar-benar menakutkan,” kata Chris Carlton, pengawas Hutan Nasional Plumas. "Kami benar-benar berada di wilayah yang belum dipetakan."

Lebih Sulit

Gelombang panas dan kekeringan bersejarah yang terkait dengan perubahan iklim telah membuat kebakaran hutan lebih sulit untuk dilawan di Amerika Barat. Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim telah membuat wilayah itu jauh lebih hangat dan lebih kering dalam 30 tahun terakhir dan akan terus membuat cuaca lebih ekstrem dan kebakaran hutan lebih sering dan merusak.

Api melalap Greenville dari dua sudut dan petugas pemadam kebakaran sudah berada di kota untuk mencoba menyelamatkannya, tetapi pertama-tama mereka harus mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyelamatkan orang-orang yang menolak mengungsi dengan memasukkan orang ke dalam mobil untuk mengeluarkan mereka, kata petugas pemadam kebakaran.

“Kami memiliki petugas pemadam kebakaran yang menodongkan senjata kepada mereka, karena orang-orang tidak ingin mengungsi,” kata Jake Cagle, kepala bagian operasi manajemen insiden.

Api juga mencapai kota Chester, barat laut Greenville, tetapi kru berhasil melindungi rumah dan bisnis di sana, dengan hanya kerusakan kecil pada satu atau dua bangunan, kata para pejabat.

Kebakaran itu tidak jauh dari kota Paradise, yang sebagian besar hancur dalam kebakaran tahun 2018 yang dipicu oleh peralatan PG&E yang menewaskan 85 orang, menjadikannya yang paling mematikan di negara itu setidaknya dalam satu abad. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home