Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 07:02 WIB | Jumat, 09 Mei 2014

Guruh Soekarnoputra: Bahasa Indonesia Harus Diberi Tempat di Negeri Sendiri

Guruh Soekarnoputra. (Foto: Ignatius Dwiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Guruh Soekarnoputra menyebutkan bahasa Indonesia itu harus diberi tempat di negerinya sendiri.

“Dalam segala hal, bahasa Indonesia itu harus dikemukakan, didahulukan, diberi tempat yang utama,” kata putera mendiang presiden pertama Indonesia ini dalam pidatonya saat pembukaan Jakarta Marketing Week (JMW) 2014 Kota Kasablanka Jakarta pada Rabu (7/5).

Dia juga mengingatkan butir ketiga Sumpah Pemuda yang berbunyinya ‘Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia’ supaya dijalankan. “Saya hanya mengingatkan ini karena rasa cinta terhadap Indonesia.”

“Jangan terlalu memberi peluang banyak kepada asing di dalam hal ini. Bagaimana pun juga bahasa Inggris sudah terlalu banyak mendapat tempat di dunia ini. Kebudayaan mereka, segala sesuatu dari mereka di dunia ini sudah menguasai. Sedangkan kita di negeri kita sendiri. Siapa kalau bukan kita yang harus membela.  Segalanya dari, untuk, oleh Indonesia. Ini agar saudara-saudara pikirkan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia sudah bersumpah untuk menjunjung bahasa persatuan kita, bahasa Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home