Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:19 WIB | Kamis, 13 Oktober 2022

Hadapi Serangan Rusia, Inggris Bantu Ukraina Rudal Pertahanan Udara

Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, (Foto: dok. Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Inggris mengatakan akan menyumbangkan rudal pertahanan udara yang mampu menembak jatuh rudal jelajah ke Ukraina setelah serangan Rusia di Kiev dan kota-kota lain dalam beberapa hari terakhir.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengumumkan dukungan baru menjelang pertemuan NATO di Brussels, Belgia, pada hari Kamis (13/10).

Sekutu Ukraina telah menjanjikan pertahanan udara baru dan lebih banyak bantuan di sela-sela pertemuan pada hari Rabu.

Inggris mengatakan Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile, atau AMRAAM, yang akan disediakan dalam beberapa pekan mendatang, dapat digunakan dengan National Advanced Surface-to-Air Missile System, atau sistem pertahanan udara NASAMS yang dijanjikan oleh Amerika Serikat.

Ratusan rudal pertahanan udara tambahan dari jenis lain juga akan disumbangkan, bersama dengan lebih banyak drone udara dan 18 senjata artileri howitzer lainnya, katanya.

Wallace mengatakan: “Serangan tanpa pandang bulu terbaru Rusia di wilayah sipil di Ukraina memerlukan dukungan lebih lanjut bagi mereka yang ingin membela negara mereka. “Jadi hari ini saya telah mengizinkan pasokan rudal anti-pesawat AMRAAM ke Ukraina.”

Banyak negara mengutuk invasi Rusia, yang oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, disebut sebagai “operasi militer khusus” untuk memastikan keamanan Rusia dan melindungi penutur bahasa Rusia di Ukraina.

Ukraina dan sekutunya menuduh Moskow mengobarkan perang untuk merebut wilayah.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, mengatakan pada hari Rabu bahwa dia mengharapkan Ukraina akan melakukan segala yang bisa dilakukan sepanjang musim dingin untuk mendapatkan kembali wilayahnya.

"Dan kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa mereka memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi efektif," katanya pada konferensi pers di Brussels.

Serangan udara Rusia terbaru menewaskan sedikitnya 26 orang sejak hari Senin (10/10) dalam serangan rudal Rusia di seluruh Ukraina, melukai lebih dari 100 dan melumpuhkan pasokan listrik, menambah urgensi baru pada seruan lama Kiev untuk pertahanan udara untuk melindungi kota-kotanya.

Jerman mengatakan pada hari Rabu yang pertama dari empat sistem pertahanan udara IRIS-T telah mencapai Ukraina. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home