Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:56 WIB | Selasa, 15 Juli 2014

Hamas Tolak Gencatan Senjata, Israel Lanjutkan Serangan

Kota Gaza, Jalur Gaza - Warga Palestina tengah melakukan perjalanan ke sebuah kamp perlindungan di sebuah sekolah PBB setelah mengevakuasi rumah mereka di perbatasan Kota Gaza pada 13 Juli 2014. (Foto: AFP)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM - Israel akan memperluas serangan militer selama sepekan di Jalur Gaza jika Hamas menolak untuk menerima rencana gencatan senjata yang diusulkan Mesir.  Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyampaikan peringatan pada hari Selasa (15/7).

"Jika Hamas tidak menerima usulan gencatan senjata - dan itu adalah bagaimana yang tampak pada saat ini - Israel akan memiliki semua legitimasi internasional untuk memperluas aktivitas militer (di Gaza) untuk mencapai ketenangan yang diperlukan,” kata Netanyahu pada konferensi pers bersama  Menteri Luar Negeri Jerman, Frank-Walter Steinmeier di Tel Aviv seperti diberitakan  media berbasis di Kairo, Al Ahram.

Para pejabat Israel mengatakan bahwa gencatan senjata yang diusulkan oleh Kementerian Luar Negeri Mesir telah diterima kabinet Israel dan berlaku pukul 9 pagi waktu setempat (13.00 WIB). Kurang dari setengah jam kemudian, seorang pejabat senior Hamas mengatakan kelompok itu menolak proposal Mesir tersebut, mengklaim bahwa Kairo tidak berkonsultasi dengan mereka.

“Kami tidak menerima rancangan resmi usulan Mesir ini,” kata Sami Abu Zuhri, menambahkan bahwa rencana tersebut, seperti, itu “tidak dapat diterima.”

Berdasarkan rencana Mesir, diusulkan Senin, selama periode 12-jam de-eskalasi dimulai pada pertengahan pagi Selasa. Setelah kedua belah pihak setuju untuk menghentikan permusuhan, mereka akan menegosiasikan persyaratan gencatan senjata jangka panjang.

Sebelumnya Selasa, sayap militer Hamas mengatakan rencana Mesir “tidak layak.” Sebuah pernyataan di situs al-Qassam menyebut proposal itu “merupakan inisiatif untuk mengaku kalah” sebelum bersumpah bahwa “pertempuran kami dengan musuh akan kami teruskan dan akan meningkat dalam keganasan dan intensitas.”

Sejak awal usulan gencatan senjata, militer Israel mengatakan bahwa 35 roket telah ditembakkan ke wilayah Israel dari Gaza.

Selain itu, militer mengatakan tiga roket ditembakkan di kota wilayah selatan, Eilat Selasa pagi, melukai dua orang dan memicu kebakaran. Militer tidak segera tahu siapa yang berada di balik serangan roket. Serangan roket sebelumnya di kota telah datang dari militan Islam radikal di negara tetangga Sinai Peninsula.

Namun, militer Israel juga membantah melakukan serangan udara di Gaza setelah seorang juru bicara polisi Hamas Eyad Bouzam melaporkan serangan ke sebuah gedung apartemen.

Penolakan Hamas atas gencatan senjata terjadi beberapa jam setelah para pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri John Kerry telah memilih tidak melakukan perjalanan ke wilayah tersebut dalam perjalanan kembali ke Washington dari pembicaraan mengenai program nuklir Iran di Wina. Tidak ada kata segera apakah Kerry akan mempertimbangkan kembali keputusannya mengingat penolakan gencatan senjata itu.

Kelompok militan tampaknya bertahan untuk kondisi gencatan senjata yang lebih baik. Para pejabat senior mengatakan usulan saat ini tidak menawarkan suatu pencapaian nyata, terutama pada pelonggaran blokade perbatasan Gaza yang diberlakukan oleh Israel dan Mesir.

Osama Hamdan, tangan kanan pemimpin Hamas Khaled Mashaal, mengatakan bahwa Hamas memiliki serangkaian tuntutan, termasuk pembebasan aktivis Hamas ditangkap oleh Israel di Tepi Barat dalam beberapa pekan terakhir. Hamas juga ingin diakui oleh Mesir sebagai mitra dalam upaya gencatan senjata.

Pejabat Hamas lainnya, Moussa Abu Marzouk, terdengar lebih lunak, mengatakan konsultasi internal pada usulan gencatan senjata terus dilakukan.

Para pejabat Hamas telah lelah dengan janji-janji oleh Mesir dan Israel untuk mengurangi blokade perbatasan. Janji tersebut juga merupakan bagian dari gencatan senjata yang mengakhiri lebih dari seminggu pertempuran pada 2012, tapi cepat rusak karena kekerasan berkobar lagi.

Sebuah pengurangan blokade jalur pantai adalah kunci untuk kelangsungan hidup Hamas.

Sebelum pecahnya putaran terakhir pertempuran, kelompok militan menemukan dirinya dalam krisis keuangan yang serius karena penutupan sangat ketat oleh Mesir yang telah mencegah uang tunai dan barang dari datang ke jalur tersebut melalui ratusan terowongan penyelundupan di bawah perbatasan Gaza-Mesir.

Israel melancarkan serangan pada 8 Juli. Mereka beralasan itu adalah tanggapan terhadap serangan roket minggu berat dari yang dikuasai Hamas Gaza. Kementerian Kesehatan di Gaza mengklaim 185 orang telah tewas, dan lebih dari 1.000 orang terluka, meskipun tidak jelas berapa banyak dari mereka korban adalah warga sipil dan berapa banyak dari mereka adalah koperasi Hamas.

Tidak ada warga Israel yang tewas, meskipun beberapa telah terluka oleh pecahan peluru roket, termasuk dua saudara perempuan, usia 11 dan 13, yang terluka parah pada Senin. Menjelang pengumuman Mesir, tampaknya ada tidak ada perlambatan dalam pertempuran. Dan, Hamas untuk pertama kalinya meluncurkan pesawat tak berawak ke wilayah udara Israel yang ditembak jatuh.

Kekerasan itu menyusul penculikan dan pembunuhan tiga remaja Israel di Tepi Barat bulan lalu, serta penculikan berikutnya dan pembunuhan seorang remaja Palestina dalam serangan balas dendam jelas, bersama dengan serangan Israel terhadap militan dan infrastruktur di Tepi Barat Hamas.

Para pejabat Israel mengatakan tujuan dari kampanye militer adalah untuk mengembalikan ketenangan di selatan Israel, yang telah menyerap ratusan serangan roket, dan bahwa setiap gencatan senjata harus mencakup jaminan jangka tenang. Para pejabat Hamas mengatakan mereka tidak akan menerima “tenang untuk tenang.”

Dengan pemasangan korban tewas, kedua belah pihak telah datang di bawah tekanan internasional untuk menghentikan pertempuran. (foxnews.com/al-ahram)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home