Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 09:07 WIB | Selasa, 02 Juni 2015

Harga Tiket Tranportasi Udara di Papua Naik Jelang Ramadan

Ilustrasi: Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Papua beberapa waktu lalu. (Foto: Antara).

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM –  Harga Tiket Transportasi Udara menjelang bulan puasa mulai bergerak naik di Papua. Kenaikan Harga tiket diperkirakan karena inflasi di Jayapura.

“Pergerakan kenaikan harga ini paling jelas terlihat pada sisi transportasi udara, dimana jika ada bantuan dari pemerintah maka
harganya tidak akan naik terlalu signifikan,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Adriana Robana, di Jayapura, Senin (1/6).

Adriana menjelaskan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan pada Mei 2015 khususnya di  Jayapura mengalami inflasi sebesar 0,08 persen atau terjadi kenaikan angka indeks dari 119,54 pada April 2015 menjadi 119,63 pada Mei 2015.

“Dari empat sub kelompok dalam kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan di Kota Jayapura tercatat satu sub mengalami inflasi dan tiga sub lainnya tidak mengalami perubahan angka indeks,” dia menjelaskan.

Menurut dia, kelompok transportasi udara pada Mei 2015 memberikan sumbangan inflasi sebesar 0,02 persen terhadap inflasi di Kota Jayapura.

Dia menambahkan, inflasi di Kota Jayapura pada Mei 2015 terjadi karena adanya kenaikan harga barang dan jasa yang ditunjukkan oleh kenaikan indeks pada kelompok pengeluaran seperti kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau.

Selain itu masih ada kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar, kelompok sandang, kelompok kesehatan, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga serta kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan. (antarapapua.com/papua.bps.go.id)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home